ID ENG

Refleksi Seratus Tahun Perjalanan ILO Tentang Cita-Cita Kerja Layak

Tanggal Publish: 07/01/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Promosi 'Pekerjaan Layak' telah menjadi inti atau agenda ILO di seluruh mandat lembaga yang berusia 100 tahun. Tetapi baru pada pergantian abad ini istilah yang sekarang banyak digunakan pertama kali diciptakan sebagai bagian dari agenda ambisius.

“Pekerjaan Layak adalah tuntutan global saat ini, menghadapi kepemimpinan politik dan bisnis di seluruh dunia. Sebagian besar masa depan kita bersama tergantung pada bagaimana kita menghadapi tantangan ini, ”tulis Direktur Jenderal ILO saat itu Juan Somavia dalam laporannya kepada Konferensi Perburuhan Internasional 1999.

                                                         
Pekerjaan Layak bukan hanya tentang mendapatkan pekerjaan. Ini melibatkan peluang untuk pekerjaan yang produktif dan memberikan penghasilan yang adil, keamanan di tempat kerja dan perlindungan sosial bagi keluarga. Ini adalah akar dari kohesi sosial - di mana ada kekurangan Pekerjaan Layak, ada juga kemiskinan, ketidaksetaraan, ketegangan sosial atau konflik sosial langsung. Pekerjaan yang menjebak orang dalam jeratan atau kemiskinan atau membuat mereka terpapar bahaya, diskriminasi atau rasa tidak aman, tidak memungkinkan individu - atau ekonomi tempat mereka menjadi bagian - untuk maju dan memenuhi potensi mereka.


Konsep ini telah memperoleh penerimaan internasional yang luas dan telah dimasukkan ke dalam Agenda 2030 Perserikatan Bangsa-Bangsa, dengan Tujuan 8 menyerukan promosi "pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, lapangan kerja dan pekerjaan yang layak untuk semua."

Agenda Pekerjaan Layak pertama kali dijabarkan dalam laporan ILO 1999 dan secara resmi diadopsi pada 2008, sebagai bagian dari Deklarasi ILO tentang Keadilan Sosial untuk Globalisasi yang Adil. Agenda memperjelas bahwa Pekerjaan yang Layak adalah dasar dari masyarakat yang produktif, adil dan inklusif. Ini fokus pada empat tujuan strategis; ketenagakerjaan, perlindungan sosial, dialog sosial, dan hak-hak di tempat kerja - yang telah terbukti berkali-kali sangat diperlukan untuk mencapai pertumbuhan inklusif dan perdamaian sosial.

ILO, dengan struktur tripartitnya yang menyatukan perwakilan pemerintah, pekerja dan pemberi kerja - secara ideal diposisikan untuk memperjuangkan Agenda dan secara aktif membantu Negara-negara anggota - melalui Program Negara Pekerjaan Layak (DWCPs) - untuk memasukkan Pekerjaan Layak sebagai komponen kunci dari strategi pembangunan nasional mereka.

Pada 2016-2017, aksi ILO berkontribusi pada pencapaian signifikan di 131 negara, di mana pemerintah, organisasi pengusaha dan pekerja mengembangkan strategi terkait pekerjaan yang layak dan meningkatkan kapasitas dan pengetahuan kelembagaan mereka untuk mempromosikan pekerjaan, perlindungan sosial, dialog sosial dan prinsip-prinsip dasar dan hak di tempat kerja.

Bahkan ketika kita mencoba untuk memahami dan merespons secara efektif terhadap dunia kerja yang berubah dengan cepat, prinsip Pekerjaan Layak untuk Semua tetap berada di garis depan upaya ILO, ketika organisasi menuju abad kedua yang berjuang untuk keadilan sosial. (sumber:www.ilo.org)