ID ENG

FSB GARTEKS KSBSI Gelar Pendidikan Kepemimpinan muda Serikat Buruh di Kabupaten Jepara

Tanggal Publish: 06/03/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Serikat buruh tanpa Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, maka gerakannya tidak akan memiliki kekuatan dan posisi tawar yang kuat dihadapan pengusaha dan pemerintah. Karena itu, pada Sabtu dan Minggu atau tanggal 4-5 Maret 2023, Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil dan Sentra Industr Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS KSBSI) menggelar pendidikan kepemimpinan.

Pelatihan  ini khusus diberikan kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Komisariat (PK) dan anggota FSB GARTEKS KSBSI di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Dan pemberi materinya adalah Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI, Erwinanto dan Aris Sokhibi perwakilan DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya. 

Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI mengatakan agenda pelatihan tersebut bertemakan ‘Leader Training For The New GARTEKS Union in Factories’. Dan bekerja sama dengan CNV Internationaal. Ia menjelaskan, perkembangan jumlah Pengurus Komisariat (PK) dan anggota di DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Jepara setiap tahun sangat meningkat. Walau baru beberapa tahun berdiri, namun SDM nya belum begitu banyak.

“Oleh sebab itu, DPP FSB GARTEKS KSBSI memiliki tanggung jawab untuk memberikan berbagai macam pendidikan. Salah satunya tentang kepemimpinan serikat buruh. Supaya kedepannya ilmu yang sudah diberikan ini bisa mereka terapkan untuk membersarkan organisasi, kata Trisnur, saat diwawancarai melalui seluler, Minggu (5/3/2023).

Pelatihan tersebut diikuti ada 23 peserta, mewakili tiap perwakilan PK dan anggota masing-masing perusahaan. Nah, saat proses kegiatan, di menilai hampir semua peserta terlihat sangat antusias dari setiap materi pelatihan yang disampaikan pembicara. Walau pesertanya dominasi kaum muda, namun banyak pertanyaan kritis yang mereka sampaikan.

“Rasa ingin tahu mereka untuk mengetahui apa manfaat serikat buruh dan tujuan menjadi pemimpin serikat buruh sangat tinggi sekali,” jelasnya.

Intinya, Trisnur sangat optimis DPC FSB GARTEKS KSBSI Jepara kedepannya menjadi serikat buruh besar diwilayah tersebut. Namun, untuk menjadikan organisasi menjadi kuat, maka sejak sekarang ini harus rutin memberikan berbagai macam pelatihan, agar pengurus dan anggota SDM nya unggul.

“Saya optimis, pelatihan kepemimpinan yang dibuat 2 hari tersebut, kedepannya rasa percaya diri dan tanggung jawab mereka untuk membesarkan FSB GARTEKS KSBSI di Jepara akan tumbuh dan militan,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap, bagi peserta yang sudah mendapatkan ilmu pelatihan kepemimpinan serikat buruh agar diterapkan untuk membesarkan PK mereka di perusahaan masing-masing. Serta memberikan ilmunya kepada anggota yang belum mendapatkan materi kepemimpinan serikat buruh.

Kemudian, Trisnur mengatakan perkembangan FSB GARTEKS KSBSI, khususnya di Jawa Tengah setiap tahun sangat pesat. Bahkan beberapa DPC dan anggota semakin bertambah dibeberapa wilayah kabupaten. Seperti di Kabupaten Semarang sudah terlihat jumlah anggotanya. Nah, untuk Kota Semarang sekarang ini sudah mulai bergerak. Karena tim organizer buruhnya  telah dipersiapkan.

“Begitu juga dengan di DPC FSB GARTEKS KSBSI Jepara, tahun ini ada 1800 buruh dari salah satu perusahaan besar yang menyatakan sudah ikut bergabung,” pungkasnya.

Artinya, potensi perkembangan FSB GARTEKS KSBSI di Jawa Tengah kedepannya sangat pesat. Namun, dengan syarat harus melakukan konsolidasi internal yang solid. Termasuk mempersiapkan SDM yang unggul sejak dini.

“Tim organiser buruh yang sedang kami persiapkan juga sudah kami bekali pengetahuan ilmu komunikasi yang baik selama mereka melakukan pengorganisiran. Intinya mereka harus bisa memahami kultur dan karakter buruh disetiap wilayah dan mengedepankan social dialog,” tutupnya. (AH)