ID ENG

Ciptakan SDM Unggul, FSB GARTEKS Gelar Membership Meeting di Karawang

Tanggal Publish: 11/05/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) pun sangat antusias memberikan pendidikan kepada pengurus dan anggotanya. Dimana tujuannya, untuk melahirkan kader-kader unggul dalam Sumber Daya Manusia (SDM).

Bertempat di Gedung Alam Ceria Karawang, pada Sabtu, (6/5/23.) Dewan Pengurus Cabang (DPC)FSB GARTEKS KSBSI Karawang Jawa Bara, mengadakan agenda Membership Meeting, dengan tema "Membangun Organisasi yang Mandiri Dengan Team Organizer yang Kuat ".

Kegiatan yang diselenggarakan merupakan program istimewa mengingat program ini dihadiri langsung oleh Rekson Silaban Ketua Majelis Penasehat Organisasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (MPO KSBSI).

Dalam sambutannya, Rekson Silaban menuturkan bahwa Kontestasi politik jelang Pemilu 2024 terus menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat. Sosok calon pemimpin bangsa menjadi isu yang menarik dan akan terus menjadi pembahasan hingga 2024 mendatang.

Lebih lanjut, dalam pergerakannya, ia akan terus mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan Bangsa dan negara melalui berbagai upaya di masa mendatang melalui pergerakan buruh.

“Dan saya anjurkan supaya tidak berhenti impianmu menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan,” pintanya.

Sekjen DPP Fsb Garteks, Trisnur Prianto, menjelaskan, "Hari ini adalah kegiatan dari DPC Garteks Karawang, Membership Meeting atau pertemuan anggota Karawang dan Cikampek di mana pertemuan ini sangat bermanfaat sekali karena kegiatan membership itu yang  melibatkan banyak anggota jadi beda dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang hanya sebagian saja, kalau ini melibatkan minimal 46 orang pengurus dari perwakilan dari perusahaan dan informasi pun lebih mudah tersalurkan ketika banyak teman teman yang terlibat,"Ucapnya.

Lebih lanjut, Trisnur, "Dalam hal ini tema yang di bangun Penguatan, karena saya lihat memang anggota perlu banyak berinteraksi dengan sesama anggota mengingat di Kerawang perlu organizer-organizer yang tangguh, serta memiliki kualitas baik”.

Sebagai informasi, “Ada tiga belas perusahaan di kabupaten Kerawang yang sektornya Garmen, Alas Kaki maupun Tektils yang belum ada serikat buruh/serikat pekerjanya, tapi di sektor lain kemungkinan juga masih banyak,” kata Trisnur.

“Kami menargetkan pertumbuhan  anggota FSB Garterks KSBSI di Kerawang ada penambahan PK baru dua atau tiga di tahun ini supaya DPC intens bergerak,” Jelas Trisnur.

“Intinya dalam pergerakan jangan takut gagal untuk memulai sesuatu baru. Jadi kuantitas dan kwalitas harus diperkuat agar tetap diperhitungkan, tidak ada gunanya juga kalau pengurusnya cerdas, tapi anggotanya sedikit,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Tri  Pamungkas  menyampaikan, FSB Garteks KSBSI berharap di Karawang  menjadi pertumbuhan anggota bisa mencapai di atas Tiga Ribu Lima Ratus yang berada di dua perusahan, ini agar bisa menjadi contoh di federasi-federasi lain yang berafiliasi ke KSBSI.

Dalam kaitan penyiapan ini, Tri  Pamungkas  berharap, anggota yang sudah menjadi pengurus FSB Garteks KSBSI sudah bisa menjelaskan ke non anggota mengenai hak-hak buruh  sesuai undang undang ketenagakerjaan supaya bisa menjadi calon organizer yang handal, serta yang sudah menjadi anggota dianjurkan menggunakan atribut.

Adanya membership meeting ini, “Semoga peserta yang mengikuti semakin solid dan militan untuk memperjuangkan hak buruh ditengah nasib dan kesejahteraan buruh Indonesia yang sedang memprihatinkan,” tutupnya.

Peserta yang hadir di acara tersebut optimis pada tahun 2023 kinerja pengurus di tingkat perusahaan akan tumbuh ada peningkatan di beberapa tingkat kabupaten. (red)