ID ENG

Utusan PK FSB GARTEKS KSBSI di Training Tentang Hak Kesetaraan Gender

Tanggal Publish: 12/05/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Beberapa waktu lalu, bertempat di Hotel Griya Astoeti, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, utusan dominasi perwakilan pengurus komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI dari tiap cabang mengikuti training gender bassed violence (GBV).  Training ini rutin dilaksanakan DPP FSB GARTEKS KSBSI dalam rangka menguatkan sumber daya manusia (SDM) kepada pengurus dan anggotanya.

Tujuan training untuk memberikan Informasi mengenai hak persamaan antara laki-laki dan perempuan atau dikenal kesetaraan gender dalam perusahaan. Kemudian juga memberikan pencerahan kepada buruh untuk melawan praktik diskriminasi dan kekerasan perempuan di perusahaan.

Dalam pemaparannya, Elly Rosita Silaban, mewakili DPP FSB GARTEKS KSBSI mengatakan kesetaraan gender merupakan hak persamaan antara laki-laki dan perempuan ketika berperan dalam perusahaan. Dia menegaskan tujuan memperjuangkan hak kesetaraan gender bukan berarti mengabaikan nilai kedudukan laki-laki dalam perspektif agama dan budaya.

“Tapi tujuan utama kampanye kesetaraan gender dalam perusahaan agar terbangun kesadaran bahwa peran dan laki-laki dan perempuan adalah sama dalam profesional bekerja. Sehingga tak ada lagi, perlakuan diskriminasi bahwa perempuan adalah kaum yang lemah,” terangnya.

Elly juga menyampaikan, praktik diskriminasi, pelecehan sampai kekerasan masih kerap menimpa perempuan di dalam perusahaan. Ketika berbagai praktik yang tidak menyenangkan itu masih menimpa, tapi masih menjadi hal yang tabu untuk diungkapkan.

Untuk itu, perempuan yang juga duduk sebagai DEN KSBSI menegaskan sudah waktunya pengurus dan anggota FSB GARTEKS KSBSI harus menjadi kader yang berani mengadvokasi dan mengkampanyekan hak kesetaraan gender dalam perusahaan. Karena tujuan berdirinya serikat buruh adalah kesadaran untuk membela semua nasib buruh yang terzalimi. 

Peserta yang mengikuti training sebanyak 28 orang, mewakili, pengurus komisariat (PK) HMI Tanggerang, PK Mulya Pack, perwakilan DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Wonogiri, PK FSB GARTEKS Kabupaten Bogor, PK  Sandang Garteks Kaho, PK  PCI, PK PT Indonesia Wacoal, PK. PT. Pou Chen In, PK. PT Yarindo, DPC Kabupaten Semarang, PK PWI, PK Bintang Cikupa, perwakilan DPC FSB GARTEKS Tanggerang Raya, PK Indah Jaya Tanggerang. (AH)