ID ENG

Tri Pamungkas: Rakernas FSB GARTEKS Tahun Ini Menunjukan Prestasi

Tanggal Publish: 31/03/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Rapat Kerja Nasional Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) resmi dibuka di Grand Prioritas Hotel Bogor Jawa Barat, pada Selasa (30/3/21). Dengan mengangkat tema ‘Membangun Infrastruktur Serikat Menciptakan Peluang’ dan peserta dihadiri dari perwakilan Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Komisariat (PK).

Tri Pamungkas Ketua Bidang Konsolidasi DPP FSB GARTEKS mengatakan agenda Rakernas adalah rutinitas yang wajib dijalankan sekurang-kurangnya 1 kali dalam satu tahun, sesuai amanah dari AD/ART Pasal 28 organisasi.

“Alhamdulillah agenda Rakernas tahun ini dihadiri mitra jaringan FSB GARTEKS, tamu dari internasional dan nasional,” ucapnya. 

Diantaranya Dedi Hardianto Sekjen Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), perwakilan Aliansi Pekerja/Buruh Garmen, Alas Kaki, dan Tekstil Indonesia (APBGATI), We Social Movement (WSM), Better Work Indonesia, Tenaga Ahli Deputi 3 Bidang Ekonomi Kepala Staf Presiden (KSP), Deputi Direktur Humas dan Kelembagaan BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan CNV International hadir memberikan sambutan lewat virtual.

“Untuk peserta Rakernas dihadiri oleh seluruh DPC, seperti dari Medan, Deli Serdang, Tangerang Raya, Serang Raya, Lebak, DKI Jakarta, Karawang, Bogor, Subang, Sukabumi, Bandung, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Jepara, Solo, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo dan beberapa cabang lainnya,” kata Tri Pamungkas.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, proses pelaksanaan Rakernas tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang dianjurkan pemerintah, untuk mencegah penyebaran wabah corona. Dia menerangkan walau terjadi pandemi, namun proses pengembangan FSB GARTEKS dan advokasi anggota tetap berjalan.

“Bahkan tim organiser buruh semakin militan di lapangan. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kerja-kerja kami di serikat buruh dan tetap mematuhi prokes,” jelasnya.

Untuk agenda Rakernas tahun ini, Tri Pamungkas menyampaikan ada beberapa daerah yang akan di tergetkan menjadi basis pengembangan organisasi oleh DPP FSB GARTEKS. Seperti wilayah Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi. Adapula penambahan Pengurus Komisariat (PK) serta jumlah anggota baik di sektor industri TGSL dan Non TGSL, Perusahaan MNC dan Non MNC.

“Tentu saja ini menjadi salah satu keberhasilan organisasi dalam melakukan organiser. Belum lagi FSB GARTEKS selama ini sangat intens terkait kampanye dan isu Gender Bassed Violence (GBV). Agenda selanjutnya kami akan membentuk Komisi Kesetaraan Cabang (K2C) dan Komisi Kesetaraan Pengurus Komisariat (K2PK) dan memasukan pasal-pasal dalam Perjanjian Kerja Bersama tentang GBV,” tutupnya. (AH)