ID EN

ToT GBV Garteks di Grand USSU Puncak

Tanggal Publish: 14/08/2018, Oleh: DPP FSB Garteks

Sepertinya Garteks tidak pernah lelah dan berhenti dalam mendidik, membina anggotanya. Pada hari jum’at-Minggu tanggal 10-12 berlokasi di Hotel Grand Ussu Cisarua Puncak Bogor, Garteks mengadakan Training Of Trainers Gender Base Violence untuk pengurus dan anggotanya.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 30 orang hasil seleksi pada kegiatan women conference yang diadakan sebelumnya, hampir 80% adalah perempuan. Garteks sengaja mengambil isu GBV karena merupakan isu internasional.

GBV kerap kali terjadi pada sektor padat karya dan manufaktur dan selalu perempuan yang sering menjadi objek dari pelanggaran tersebut, tentang maternitas dll.

Perlindungan Maternitas dan hak-hak reproduksi buruh perempuan telah menjadi salah satu isu yang cukup penting dalam gerakan Garteks ke depan. Perlindungan maternitas terkait erat dengan pemenuhan hak cuti haid dan melahirkan serta fasilitas pojok laktasi dan penitipan anak.

Meskipun hukum perburuhan telah memberikan perlindungan pelaksanaan maternitas, tapi pelaksanaan dilapangan masih banyak pelanggaran terhadap hak maternitas tersebut tanpa penyelesaian yang maksimal.

Melihat hal itu Garteks mengadakan kegiatan ini untuk menciptakan dan mempersiapkan kader-kadernya agar paham dan menguasai serta lincah dalam melakukan advokasi terkait pelanggaran hak maternitas, ungkap Ibu Elly Rosita selaku Ketua Bidang Program Fsb Garteks.

Disamping itu untuk menunjang tujuan kegiatan maka Garteks membentuk “Komite Kesetaraan Federasi Nasional” yang selalah satu tugasnya adalah memastikan terbentu “Komite Kesetaraan Daerah” agar lebih mempermudah melakukan inventarisir pelanggaran Hak Maternitas di tempat kerja untuk kemudian dilakukan advokasi terkait itu, imbuh Bp. Ary Joko S., SH selaku Ketua Umum Fsb Garteks di sela-sela kegiatan tersebut.

Pada kegiatan ToT GBV juga peserta di latih menjadi Team Runding yang melalui simulasi perundingan bersama tujuannya agar Komite Kesetaraan dalam mengadvokasi persoalan GBV dapat menemukan solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak.

Pada sesi terakhir kegiatan semua peserta mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah di training dalam ToT GBV oleh Fsb Garteks.

Bravo Garteks…

Garteks Cerdas..Berani..Militan!!