ID ENG

Tim Garteks Peduli dan Mahasiswa UNIBA Serang Sukses Sumbangkan Buku Layak Baca ke Ponpes Mathlab El-Awam

Tanggal Publish: 18/08/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Kabupaten Serang Banten melalui tim Garteks Peduli sukses merealisasikan agenda bakti sosial ‘Open Donasi Buku’. Penggalangan buku ini diberikan kepada anak didik sekolah yang membutuhkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang mengatakan penggalangan buku yang dilakukan juga sebagai wujud syukur merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76. Setelah mengumpulkan buku layak baca hampir 1 bulan, kemudian diserahkan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mathlab El-Awam di Desa Koper Kecamatan Cikande Serang Banten.

“Alhamdulillah, kami semua pada peringatan 17 Agustus 2021 Tim Peduli Garteks bersama kawan-kawan Team 49 KKM Universitas Bina Bangsa (UNIBA) Serang, sudah menyerahkan buku layak baca ke pihak Ponpes Mathlab El-Awam. Dulunya Ponpes ini Salafi, namun sudah berubah menjadi Ponpes modern,” ucap Faizal, saat diwawancarai lewat seluler, Rabu (18/8/2021).

Faizal menerangkan buku layak baca yang diserahkan tersebut berhasil terkumpul sebanyak 350 buku dan 20 Kitab Alquran. Sebenarnya, buku yang terkumpul dari Tim Garteks Peduli dan kawan-kawan mahasiswa UNIBA yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Koper sebanyak 900 buku.

“Berhubung anak didik di Ponpes Mathlab El-Awam hanya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SM) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), maka buku-buku itu kami pilah. Jadi buku yang sesuai taraf pendidikan mereka saja yang diberikan. Kami juga memberikan rak buku, supaya buku yang telah diberi tetap terawat,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan ini, pihak Ponpes menyambut gembira dan berterima kasih kepada Tim Relawan Garteks dan kawan-kawan mahasiswa UNIBA. Kemudian, selain bantuan buku, pihak Ponpes Mathlab El-Awam membutuhkan bantuan renovasi gedung dan sembako. Sebab, sebagian dari santriwan dan santriwati ada yang menginap di Ponpes ini.

“Proses penggalangan buku dan bantuan dana tidak berhenti sampai disini saja. Kami masih terus melakukan penggalangan buku dan donatur. Insya Allah, kalau tidak ada halangan Ponpes Mathlab El-Awam menjadi binaan Tim Garteks Peduli untuk setiap kegiatan sosial secara berkelanjutan,” terangnya.

Selain di Ponpes Mathlab El-Awam, Faizal juga menyampaikan mereka memberikan buku dibeberapa Sekolah Dasar (SD) di Desa Koter. Karena masih ada sisa 600 buku yang segera disumbangkan. “Hari ini juga kami baru menyumbangkan buku ke salah satu Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” ucapnya.

Intinya, dia menyampaikan bagi masyarakat yang ingin memberikan sebagian rezekinya untuk membantu pendidikan di Ponpes  Mathlab El-Awam, pihaknya siap memfasilitasinya. “Terutama yang dibutuhkan santriwan dan santriwati di di Ponpes tersebut saat ini sedang membutuhkan Alquran. Dan salah satu bangunan pondok ngaji mereka memang harus direnovasi, karena sudah tak layak lagi,” tutup Faizal. (AH)