ID ENG

Terkait Aksi Nasional 10 Agustus, FSB GARTEKS KSBSI Jawa Tengah Audiensi Dengan Kasat Intelkam Polrestabes Semarang

Tanggal Publish: 05/08/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Aktivis Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan dan Kulit Sentra Industri Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) Jawa Tengah melakukan audiensi ke Polrestabes Kota Semarang. Audiensi ini dalam rangka koordinasi untuk persiapan aksi buruh nasional yang akan dilakukan serentak diberbagai daerah pada 10 Agustus 2022.

Toto Susilo Ketua Cabang DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Jepara mengatakan pertemuan tersebut langsung diterima Kasat Intelkam Kompol Arie Iman Prasetya. Dia menerangkan, audiensi tersebut salah satu bentuk koordinasi antara pihak kepolisian dan serikat buruh agar aksi demo bisa berjalan dengan baik.

“Pertemuan tadi diterima baik oleh Kompol Arie Iman Prasetya. Kami berdiskusi panjang dengan beliau dan semoga kedepannya bisa terjalin kerjasama yang baik,” kata Toto, lewat keterangan tertulis, Jumat (5/8/2022).

Toto menyampaikan kepada Kasat Intelkam Polrestabes Semarang, aksi demo 10 Agustus adalah intruksi resmi dari Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI ke seluruh federasi serikat buruh yang berafiliasi. Kemudian Dewan Pengurus Pusat (DPP) FSB GARTEKS KSBSI pun mengintruksikan kepada semua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS KSBSI diberbagai daerah untuk melakukan aksi demo secara nasional.

Selain itu, Arie Iman Prasetya waktu berdialog juga sempat menyarankan agar tidak melakukan aksi demo di Kantor DPRD Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Tengah. Karena isu demo yang disampaikan terkait kebijakan nasional. Sebagai gantinya, dia menyampaikan siap memfasilitasi audiensi bertemu dengan Ketua DPRD Jawa Tengah dan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah untuk menyampaikan aspirasi buruh.  

“Tapi tawaran tersebut belum kami iyakan. Perlu dirapatkan dulu dengan pengurus cabang lainnya, setelah itu bru diputuskan,” kata Toto.

Aksi demo FSB GARTEKS KSBSI nantinya dilakukan dari pagi hari sampai sore hari. Ada 2 isu yang bakal disuarakan saat unjuk rasa. Diantaranya:

  1. Mendesak DPR R.I untuk mengeluarkan klaster ketenagakerjaan dari UU Cipta Kerja.
  2. Mendesak Presiden R.I untuk menerbitkan Perppu penangguhan keberlakuan klaster ketenagakerjaan dari Undang Undang (UU) Cipta Kerja dan memberlakukan UU No. 13 Tahun. 2003 secara utuh.

“Untuk massa buruh FSB GARTEKS KSBSI Jawa Tengah yang bakal demo di Kantor DPRD Jawa Tengah dan Kantor Gubernur Jawa Tengah diantaranya dari DPC FSB GARTEKS Kota Semarang, DPC FSB GARTEKS KSBSI Jawa Tengah, DPC FSB GARTEKS KSBSI Kota Solo,” tutupnya. (AH)