ID ENG

Setelah Perdebatan Alot, UMSK 2020 Kabupaten Tangerang Akhirnya Disahkan

Tanggal Publish: 06/12/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Hasil perjuangan buruh untuk memperjuangkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) tahun 2020 di Kabupaten Tangerang, Banten akhirnya membuahkan hasil. Rapat pleno UMSK tersebut awalnya berjalan alot. Hal ini terlihat pada 3 Desember 2019 rapat pleno yang diadakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, sempat terjadi kebuntuan.

Sebab dalam rapat pleno itu pihak perwakilan pengusaha atau APINDO Tangerang serta perwakilan Asosiasi Perusahaan Sektor belum mau menerima usulan besaran angka yang diajukan oleh anggota Depekab dari unsur serikat pekerja/buruh.

Namun seiring berjalannya waktu, demi menjaga persatuan akhirnya pihak perwakilan pengusaha  dan menyepakati hasil akhir dari rapat pleno penetapan UMSK 2020. Intinya hasil keputusan rapat plenon Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) Tangerang sepakat jika besaran nilai dan pengelompokan UMSK Tahun 2020 sama dengan persentase besaran nilai dan pengelompokan UMSK Tahun 2019 dan mulai berlaku pada 1 Januari 2020.

Aris Sokhibi selaku anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang dari unsur Federasi Serikat Buruh (FSB) GARTEKS KSBSI menuturkan proses sidang pleno UMSK memang berjalan cukup alot, penuh perdebatan. Karena masing-masing unsur perwakilan bertahan dengan argumennya, sehingga pelaksanaan rapat sempat di skor.

“Akhirnya perjuangan yang dilakukan perwakilan serikat buruh membuahkan hasil. Sehingga pada hari ini bisa diputuskan untuk UMSK Kabupaten Tangerang persentase besaran nilainya dan pengelompokannya sama dengan persentase besaran nilai dan pengelompokan UMSK Tahun 2019.  Serta mulai berlaku dari tanggal 1 Januari 2020,” jelasnya.

Kemudian Haris menuturkan hasil rekomendasi UMSK tahun 2020 segera dikirimkan ke Bupati Tangerang untuk dibuatkan surat rekomendasi. Setelah itu akan dikirimkan ke Dewan Pengupahan Provinsi Banten.

“Untuk rapat pleno Dewan Pengupahan Provinsi Banten rencananya akan dilaksanakan pada Selasa 10 Desember 2019,” tutupnya. (AH)