ID ENG

Setelah Deklarasi, Karawang Menjadi Target Pembentukan DPC FSB GARTEKS

Tanggal Publish: 12/09/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Bertempat dikawasan wisata perkemahan Curug Ciangin, Desa Cibesi Ciater Kabupaten Subang Jawa Barat, Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) melakukan deklarasi unit SPTP PT Chang Shin Cikampek dan Pengurus Komisariat (PK) KSBSI GARTEKS SPTP PT Chang Shin Klari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sekaligus menggelar konsolidasi dan pendidikan kader kepada pengurus dan anggota.                                                                                                             

Deklarasi ini dihadiri Elly Rosita Silaban Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Tri Pamungkas, Sukarni Ningsih Ketua Konsolidasi dan Wakil Ketua Bidang Dewan Pengurus Pusat (DPP) FSB GARTEKS serta jajarannya dan Maria Emeninta perwakilan IIWE International. Acara yang diadakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu ini dihadiri 60 orang lebih dengan melakukan kemah bersama.                            

Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI dalam kata sambutannya mengatakan sangat gembira bisa hadir dalam acara ini. Sebagai pemimpin KSBSI yang besar dari kader FSB GARTEKS dia memotivasi agar pengurus dan anggota di SPTP PT Chang Shin Cikampek dan Pengurus Komisariat (PK) KSBSI GARTEKS SPTP PT Chang Shin Karawang berkomitmen untuk memperjuangkan hak buruh di perusahaan.

“Kehadiran saya di acara deklarasi ini untuk memberikan motivasi kepada kalian semua. Dan saya berharap pengurus PK harus saling bersinergi dan melahirkan regenerasi kepemimpinan di Karawang dan Cikampek untuk kedepannya,” kata Elly Rosita.

Dia bangga karena deklarasi ini juga dihadiri lebih dari 30 persen buruh perempuan. Jadi sudah sesuai harapan KSBSI untuk memperjuangkan hak keseteraan gender dan keterlibatan dalam keterwakilan kepemimpinan di serikat buruh.

“Saya sangat berharap kawan-kawan pengurus SPTP PT Chang Shin Cikampek dan Pengurus Komisariat (PK) KSBSI GARTEKS SPTP PT Chang Shin Klari tetap solid dan membesarkan organisasi sampai Dewan Pengurus Cabang (DPC) dibentuk,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Tri Pamungkas. Dia menerangkan FSB GARTEKS di Kabupaten Karawang dan sekitarnya sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi basis anggota. Sebagai ketua konsolidasi, dia berkomitmen akan melakukan pembinaan kepada pengurus komisariat. Sampai pada waktunya nanti bisa mandiri membentuk tingkat DPC dan pengkaderan berjalan baik.                                                

“Saya meminta kepada kawan-kawan tetap semangat dan tidak puas diri. Tapi harus membangun optimis untuk membuat Pengurus Komisariat (PK) baru ditiap perusahaan dan memiliki target membentuk DPC sesuai aturan AD/ART FSB GARTEKS,” ucapnya.

Ade Priyatna atau biasa disapa Dobleng menghaturkan rasa terima kasih. Karena acara deklarasi tingkat PK bisa dihadiri Presiden KSBSI dan jajaran DPP FSB GARTEKS. Dia meminta, supaya semua pengurus dan anggota untuk berkomitmen mengembangkan FSB GARTEKS di Kabupaten Karawang dan sekitarnya. Dengan membangun militansi melakukan pengorganisiran dan perekrutan anggota baru.

Sementara Zakaria Ketua SPTP PT Chang Shin Cikampek yang baru bergabung dengan FSB GARTEKS mengatakan dirinya bersama pengurus lainnya bisa mendapat pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan bakat kepemimpinan. “Supaya nanti bisa terlibat membesarkan FSB GARTEKS diwilayah kami,” pungkasnya.

Setelah acara deklarasi usai, dilanjutkan acara diskusi yang disampaikan Maria Emeninta tentang gerakan aktivis buruh dalam menyikapi isu-isu ketenagakerjaan. Baik dari tingkat lokal, nasional dan sepak terjang KSBSI di dunia internasional. (AH)