ID ENG

Semua Pihak Harus Sadar Meningkatkan Kompetensi Buruh

Tanggal Publish: 28/04/2019, Oleh: Cecep

Press Relese Hari Buruh Dunia (May Day)

Semua Pihak Harus Sadar Meningkatkan Kompetensi Buruh

Oleh Cecep Nugraha Jaelani, S.Pd (Ketua Federasi Serikat Buruh (GARTEKS) Garmen, Textiles, Kulit, Kerajinan dan Sentra Industri) Kab Majalengka


Eksistensi serikat pekerja/serikat buruh bertujuan untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja/buruh dan keluarganya. Sejarah telah membuktikan bahwa peranan serikat pekerja/serikat buruh dalam memperjuangkan hak anggotanya sangat besar, sehingga pekerja/buruh telah banyak merasakan manfaat organisasi tersebut.

Serikat pekerja juga mempunyai fungsi dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian anggotanya. Keterampilan dan keahlian menjadi faktor penting bagi pekerja untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Bagaimana mengidentifikasi dan mengurangi kesenjangan keterampilan, meningkatkan kemampuan dan produktivitas.
Serikat pekerja merupakan suatu organisasi yang didirikan secara bebas, terbuka, mandiri demokratis, dan bertanggung jawab oleh pekerja untuk memperjuangkan kepentingan pekerja dan keluarganya.

Oleh karena itu, pengurus dan anggota Garteks dituntut untuk dapat berjuang melindungi dan membela anggota dari pelanggaran hak-hak dan memperjuangkan kepentingan serta peningkatan kesejahteraan anggota dan keluarganya, salah satunya dengan berkontribusi aktif dalam meningkatkan keterampilan/ kompetensi anggotanya.

Sebagai sebuah organisasi yang berperan penting dalam kehidupan pekerja, Garteks juga terus berusaha dapat berkontribusi dalam peningkatan produktivitas di dunia kerja, dan menjaga kelangsungan berusaha mengingat kita berada pada era globalisasi yang menuntut kita untuk memiliki jiwa yang kompetitif agar dapat bersaing dengan negara-negara tetangga.

Majalengka kini sedang menyongsong era baru dimana perkembangan Industri di Majalengka tidak bisa di bendung. Majalengka kini menjadi primadona bagaikan Anak Perawan cantik yang di Perebutkan banyak orang. Melihat hal tersebut sudah semestinya Pemerintah Kabupaten Gesit dan Aktif meningkatkan kompetensi buruh atau pekerja sehingga pengusaha yang investasi di Majalengka perusahaannya bisa menghasilkan produksi yang bagus dan berkembang dengan pesat.

Majalengka kini mempunyai angin segar karena tahun ini majalengka punya Pimpinan Baru Bupati dan Wakil Bupati Hasil Pilkada Serentak tahun 2018 yaitu Dr. H. Karna Sibahi, M.M.Pd dan Tarsono D Mardiana. Sudah seyogyanya Pemerintah Kabupaten memasukan Peningkatan Sumber Daya Manusia Menjadi Program Prioritas dalam Rencana Pembangaunan Jangka Menengah (RPJM) Khusunya Peningkatan Kualitas Komptensi Pekerja.

Melihat antusisme geliat investasi di Majalengka, Hal terdekat yang mesti dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem Keterampilan di Sekolah Menengah Atas dengan Mewajibkan setiap siswa harus lulus Tes Komputer, Akuntansi dan lain-lain yang di butuhkan di dunia kerja. Selain itu menyelenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang di kelola dengan baik sehingga dunia usaha, industri bahkan Pekerjanya sendiri mendapatkan manfaat betul dari peningkatan komptensi yang di lakukan di BLK.

Selain hal itu juga Pemerintah Kabupaten harus menjamin Setiap Buruh dan Pekerja mendapat Kebebasan Berserikat dan dilaksanakan jangan sampai ada intimidasi karena Berserikat itu di Perintah Oleh UU Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Buruh, karena geliat Pergerakan Serikat Buruh acapkali mendapat penolakan sehingga sangat sulit berkembang padahal serikat buruh merupakan mitra perusahaan untuk bekerjasama meningkatkan kompetensi buruh tidak ada sedikitpun niat untuk memusuhi karena hidup mati buruh ada di perusahaan. Bahkan kita ingin bekerja sama membangun perusahaan yang kondusif sehingga sama-sama mendapat kesejahteraan dari keberlangsungan dunia usaha itu.