ID ENG

Sambut HUT RI ke 76, DPC FSB GARTEKS Kab Serang Lakukan Penggalangan Buku Bekas Untuk Mencerdaskan Generasi Bangsa

Tanggal Publish: 02/08/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 76, Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS KSBSI) Kabupaten Serang Banten, melalui gerakan Garteks Peduli  kembali mengadakan kegiatan sosial. Agenda ini dikemas dengan program ‘Open Donasi Buku’.

Topan Nadia Kelana Ketua Pelaksana ‘Open Donasi Buku’ mengatakan ide ini berawal saat Faizal Rakhman Ketua Cabang DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang waktu Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Koper, Kecamatan Cikande. Saat melakukan observasi, ternyata beliau melihat salah satu yayasan pesantren modern, dimana fasilitas pendidikannya belum terlalu memadai.

“Terutama buku untuk anak tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memang belum memadai. Jadi tercetuslah ide ini saat dewan pengurus cabang melakukan rapat beberapa waktu lalu,” ucapnya, saat dihubungi melalui seluler, Senin (2/8/21).

Selain itu, Topan menyampaikan bahwa hampir 2 tahun pandemi Covid-19 ini, semua anak didik belajar lewat online. Menurutnya, pembelajaran lewat daring ini kurang efektif, karena metode belajarnya tidak tatap muka. Sehingga mengurangi mutu pendidikan. Karena itulah, dengan menggalang donasi buku bekas, dia berharap kwalitas pendidikan bisa bertambah bagi pelajar untuk generasi bangsa.  

“Kebetulan di Desa Koper ini ada fasilitas taman bacanya. Jadi, kalau buku yang kami galang sudah terkumpul tidak susah disalurkan,” jelasnya.

Intinya, Topan berharap bagi keluarga besar DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang ikut berpartisipasi untuk mensukseskan agenda tersebut. Seperti menyumbangkan buku bekas untuk anak didik tingkat TK, SD, SM dan SMA. Sejauh ini, Topan menyampaikan donatur dari pihak luar pun sudah ada yang siap membantu dalam waktu dekat.  

“Sudah ada relasi dan kawan-kawan kami yang segera membantu. Seperti memberikan Alquran, buku pelajaran menggambar serta buku pengetahuan lainnya yang bisa mencerdaskan anak bangsa,” ucap Topan yang saat ini dipercaya sebagai penanggung jawab Garteks Serang Official (GSO).  

Termasuk, pengurus cabang, tim Garteks Peduli juga sudah siap memberikan buku-buku pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Intinya, target buku yang akan dikumpulkan pada 16 Agustus 2021. Kemudian segera disalurkan bagi yang membutuhkan.

“Nah tanggal 17 Agustus, bertepatan HUT RI ke 76, DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang akan mengadakan acara simbolis pemberian buku yang sudah terkumpul untuk beberapa yayasan pondok pesantren dan taman buku,” ungkapnya.

Topan juga mengatakan bagi donatur yang mau menyumbangkan buku tapi sudah lewat dari batas waktu yang sudah ditetapkan juga tak masalah. Sebab buku yang disumbangkan tersebut nantinya akan tetap disalurkan. Terakhir, dia menyampaikan, bagi rekan-rekan dan masyarakat umum yang ingin berpartisipasi menyumbangkan buku bekas untuk kegiatan ‘Open Donasi Buku’, bisa menghubungi: Fauzi, HP/WA (082111962445), Abedi HP/WA (081319480281) Aopan HP/WA (082117986634) Rina HP/WA (085716520833). (AH)