ID ENG

Rekomendasi FSB GARTEKS di Agenda Rakerwil Wilayah Banten

Tanggal Publish: 18/03/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

KSBSI wilayah Banten baru saja melaksanakan agenda Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) lintas pengurus cabang federasi di Hotel Mahadria, Kota Serang, 13-14 Maret 2019 kemarin. Agenda Rakerwil dihadiri perwakilan diantaranya utusan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Banten dan Eduard Marpaung, Sekjen KSBSI, pengurus lintas federasi yang berafiliasi dengan KSBSI dan jajaran birokrasi Pemda Banten.

Faizal Rahman, Ketua Cabang DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Banten, ketika diwawancarai menjelaskan selama dua hari mengikuti ada agenda Rakerwil, interal FSB GARTEKS memang mempunyai beberapa point rekomendasi penting yang harus disampaikan dalam forum. Diantaranya, FSB GARTEKS KSBSI wilayah Banten menginginkan target agar seluruh lintas federasi serikat buruh yang berafiliasi dengan KSBSI harus memperkuat basis keanggotaan.

Faizal beralasan, kalau kedepannya KSBSI memiliki basis massa yang kuat dibeberapa kabupaten wilayah Banten, maka posisi tawar KSBSI akan sangat tinggi dihadapan pemerintah dan pengusaha. Seperti dalam mengambil keputusan masalah upah. Namun, dia juga berharap, keinginan kedepannya jika semua lintas federasi bisa mengembangkan basis massa lebih banyak, tapi juga harus diperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk persoalan kendala internal kepengurusan Koordinator Wilayah (Korwil) diwilayah Banten, Faizal tak membantah jika beberapa tahun ini SDM di internal pengurus Korwil, sedang mengalami keterbatasan SDM. Sehingga, kerja-kerja advokasi dan konsolidasi lintas federasi kurang begitu intensif. Oleh sebab itulah, Faizal menekankan sangat diperlukan sebuah perbaikan manajemen adiministrasi dan keuangan. Termasuk pola kinerja kepengurusan Korwil KSBSI Banten kedepannya agar lebih profesional.

“Lemahnya administrasi sampai SDM di internal kepengurusan Korwil KSBSI Banten memang sangat berdampak terhadap kerja-kerja organisasi lintas federasi, khususnya dalam membangun kekuatan konsolidasi ,” ujarnya.

FSB GARTEKS Banten juga merekomendasikan agar SDM pengurus dan anggota harus ditingkatkan dalam program pendidikan dan pelatihan. Karena, taka da guna serikat buruh yang besar kalau kualitas SDM nya rendah maka tidak bisa meningkatkan posisi tawar. Sejauh ini, pola pendidikan dan pelatihan rutin dilaksanakan, namun Faizal menekankan agar program pendidikan dan pelatihan terus ditingkatkan sesuai perkembangan jaman. Apalagi, Indonesia sekarang ini sudah memasuki era Revolusi Industrialisasi 4.0.

Point terakhir, dia menyampaikan agar kepengurusan Korwil diwilayah Banten untuk kedepannya lebih rutin melakukan program pertemuan lintas federasi. Sebab, selama ini pertemuan lintas federasi afiliasi KSBSI di Banten terbilang minim. “Agenda pertemuan konsolidasi kedepannya harus lebih intens. Agar ikatan emosional dan solidaritas diantara lintas pengurus dan anggota lebih terbangun solidaritasnya,” ucap Faizal sambil menutup wawancara. (AH)