ID ENG

Rapat Perdana, DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Tetapkan Agenda Jangka Panjang dan Pendek

Tanggal Publish: 16/03/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Beberapa waktu lalu, DPC Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS-KSBSI) Tangerang Raya mengadakan agenda rapat perdana internal organisasi. Rapat ini juga merupakan ajang penguatan organisasi.     

Aris Sokkhibi Sektretaris DPC Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS-KSBSI) Tangerang Raya mengatakan rapat perdana ini sesuai amanat AD/ART pasca Konfecab di Bandung. Sekaligus memberikan mandat Surat Keputusan (SK) kepada setiap pengurus departemen organisasi. Lalu menyusun agenda kerja organisasi jangka pendek dan panjang  dalam menjalankan roda organisasi selama 1 tahun ini.

“Salah satu program jangka panjang yang segera dilakukan adalah memanfaat fasilitas sekretariat organisasi untuk berbagai kegiatan. Seperti program pendidikan dan pelatihan kepada Pengurus Komisariat (PK) dan anggota,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui seluler, Selasa (16/3/21).

Program pengkaderan itu diantaranya seperti pelatihan negoisasi, administrasi organisasi terkait data base, advokasi dan organiser. Untuk program jangka pendek, Aris menyampaikan pihaknya akan melakukan agenda kerja sama sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan untuk buruh dimasa pandemi dalam waktu dekat ini.

“Rencananya akhir bulan Maret ini akan program sosialisasinya akan dilakukan untuk pengurus PK dan anggota. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” jelasnya.

Untuk memperkuat posisi tawar gerakan buruh, Aris menyampaikan tahun ini DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya telah melakukan pemetaan wilayah dn sudah menyiapkan tim organiser. Ada 4 wilayah di Tangerang Raya yang bakal ditargetkan untuk merekrut buruh.

“Segala perangkat tim organiser sudah disiapkan dan siap untuk aksi. Semoga saja berjalan lancar,” ucapnya.

Untuk penambahan jumlah Pengurus Komisariat (PK) dan anggota, DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya pastinya punya target. Namun berhubung tahun ini masih terjadi pandemi Covid-19, Aris akan menargetkan 2 PK dan  500 buruh menjadi anggota.

“Target penambahan jumlah PK dan anggota nantinya juga akan disampaikan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FSB GARTEKS KSBSI akhir bulan ini di Sukabumi Jawa Barat,” terangnya.

Terkait penanganan kasus perburuhan, dia menjelaskan bahwa tahun ini terbilang memberatkan. Sebab, dampak pandemi banyak pengurus dan anggotanya sedang berselisih dengan perusahaan. Karena salah satunya ada kebijakan perusahaan membuat kebijakan meliburkan buruhnya. Dengan alasan perusahaan tidak melakukan produksi, akibat sepi pesanan.

Intinya, program kerja dan konsolidasi sudah tertata rapi dan ia berharap wabah Corona segera berakhir. Karena segala bentuk kerja-kerja organisasi serba terhambat dimasa pandemi ini. Seperti melakukan advokasi, mediasi pun serba dibatasi oleh pemerintah.

“Walau banyak tantangan tahun ini, tapi kami tetap membangun optimis agar DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya tetap berjuang bersama buruh,” tutupnya. (AH)