ID ENG

Perkuat Kualitas, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Semarang Gelar 2 Agenda

Tanggal Publish: 05/09/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Perkembangan Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri FSB GARTEKS yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS-KSBSI) di Jawa Tengah terbilang sangat pesat. Karena sejak beberapa tahun ini, perwakilan dewan pengurus cabang (DPC) seperti di Kabupaten/Kota Semarang, Solo, Jepara dan beberapa daerah lainnya sudah terbentuk.

Salah satunya, pada 4 sampai 6 September 2020, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Semarang melaksanakan agenda training pendidikan dan pengembangan organisasi sekaligus rapat kerja cabang (Rakercab-I) di Citra Dewi, Bandungan. Acara tersebut juga langsung dihadiri perwakilan pengurus pusat.

Trisnur Priyanto Sekjen DPP FSB GARTEKS-KSBSI, yang membuka agenda ini mengatakan dua agenda kegiatan yang diadakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader. Baik dari pengurus cabang, pegurus komisariat dan anggota. Termasuk sebagai ajang konsolidasi dan pengembangan organisasi.

“Jadi agenda yang diadakan ini memang untuk mempersiapkan pengurus dan anggota yang memiliki wawasan tentang serikat buruh dan dunia industrial serta kemampuan kepemimpinan,” ujarnya.

Menurutnya, perkembangan FSB GARTEKS di Jawa Tengah sejak dua tahun ini semakin dinamis, karena beberapa cabang di kabupaten/kota sudah terbentuk. Termasuk jumlah pengurus komisariat (PK) dan anggota tingkat perusahaan perlahan bertambah.

“Artinya, kehadiran FSB GARTEKS diwilayah ini semakin dibutuhkan sebagai pendampingan advokasi dan wadah pengkaderan buruh,” jelasnya, ketika diwawancarai lewat seluler, Sabtu 5 September 2020.

Dari pelatihan trainer organisasi dia berharap pengurus DPC FSB GARTEKS Kabupaten Semarang lebih semangat untuk mengembangkan organisasi. Terlebih lagi, saat ini telah banyak perusahaan di sektor garmen, tekstil dan sejenisnya yang ada di Jawa Barat dan DKI Jakarta telah memindahkan perusahaan ke Jawa Tengah.

“Makanya sekarang ini FSB GARTEKS telah mempersiapkan kader-kader tangguh yang nantinya menjadi tim organiser untuk membesarkan organisasi diwilayah ini,” ucapnya.

Untuk saat ini, persaingan antar lintas serikat buruh/pekerja memang belum terlihat ketat seperti diwilayah Jabotabek, Banten dan Tangerang. Namun FSB GARTEKS di Jawa Tengah sudah mendapat perhatian dari birokrasi dan pengusaha setempat, karena gerangkannya sangat dinamis.

“Termasuk FSB GARTEKS diwilayah Jawa Tengah termasuk federasi yang berafiliasi KSBSI gerakannya terbilag paling menonjol, karena mampu menyikapi isu lokal dan nasinoal,” tandasnya. (AH)