ID EN

Perkuat Konsolidasi Internal, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor Gelar Agenda Batra

Tanggal Publish: 11/02/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Dalam rangka memperkuat manajemen internal organisasi, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengadakan Basic Training (Batra) kepada pengurus dan anggota tingkat komisariat perusahaan. Agenda Batra itu sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Februari 2019, di Citereup, Sekretariat DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor.

Sementara, hadir sebagai pemberi materi Batra, Sunardi (Dewan Pengupahan Nasional) yang juga Ketua Umum FSB KAMIPARHO KSBSI, Toto Susilo, Ketua Konsolidasi DPP GARTEKS KSBSI dan Wadiyo, Ketua DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor. Ada beberapa pembahasan yang disampaikan pemateri, seperti doktrin serikat buruh, tentang hak dan upah seorang buruh/pekerja dalam perusahaan dan manajemen organisasi.

Ketika diwawancarai, Wadiyo mengatakan agenda Batra merupakan salah satu agenda DPC FSB GARTEKS KSBSI yang diadakan awal tahun ini. Dia menjelaskan, tujuan Batra yang dilaksanakan untuk menguatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk pengurus tingkat komisariat dan anggota.

“Pada umumnya yang ikut agenda Batra lebih banyak buruh yang baru bergabung dengan FSB GARTEKS Kabupaten Bogor. Mereka  yang mengikuti agenda Batra karena tertarik ingin belajar tentang pentingnya serikat buruh, makanya kita buat agenda Batra supaya lahir pencerahan,” ucapnya.

Wadiyo juga menerangkan, selain tahun ini membuat agenda Batra, pelatihan yang lainnya juga akan diadakan sesuai kebutuhan anggota serikat buruh. Rencananya, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor akan membuat pelatihan pembuatan perjanjian kerja bersama (PKB) dan teknik loby dan negoisasi PKB dalam perusahaan.  

“Saya bersama pengurus lainnya berharap, dengan diadakannya agenda Batra, akan semakin  memperkuat konsolidasi internal organisasi. Organisasi buruh yang kuat itu karena dari pengurus sampai anggota solid dan sepenanggungan untuk memperjuangkan hak-hak buruh,” terangnya.

Sementara, yang mengikuti agenda Batra ada 35 orang dari komisariat PT Ricky Putra Globalindo dan komisariat yang baru terbentuk dari PT Hydrocolloid. Wadiyo juga mengakui, dibawah kepengurusannya saat ini terus melakukan pembenahan dan penguatan organisasi. Sebab, dalam beberapa tahun ini, FSB GARTEKS di Kabupaten Bogor, memang sempat mengalami pasang surut.

“Kami sekarang terus melakukan pembenahan organisasi dan tahun ini punya obsesi untuk membesarkan FSB GARTEKS di tiap perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (AH)