ID ENG

Peringati IWD, ITUC Serukan Kontrak Sosial Baru Yang Memihak Kesetaraan Gender

Tanggal Publish: 03/03/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Sebentar lagi dunia akan merayakan International Woman Day (IWD) atau dikenal Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2021. Namun perayaan IWD tahun ini dunia tahun ini, masyarakat global masih penuh ancaman pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu. Sehingga membawa dampak pada krisis perekonomian global.

 

Pandemi yang terjadi ini telah banyak menyebabkan buruh perempuan banyak mengalami dilema. Diantaranya, ada mengalami pengurangan jam kerja sehingga berdampak pada penurunan upah. Sebagian perempuan yang bekerja di sektor jasa kebersihan, ritel makanan, pengasuh terpaksa kehilangan pekerjaan. Bahkan tenaga medis seperti perawat, kesehatannya penuh ancaman Covid-19.

Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC) menilai pandemi Covid-19 ikut memperburuk ketidaksetaraan struktural di dunia kerja dari yang sebelumnya.  Sebab terlalu banyak perempuan dan masyarakat yang mengalami diskriminasi, pengucilan akibat kondisi sosial ekonomi yang semakin memburuk.

Pada peringatan IWD bulan Maret ini, ITUC bersama aliansi organisasi perempuan, feminis, HAM dan gerakan keadilan sosial, menyerukan Kontrak Sosial Baru untuk memperbaiki kepercayaan dan membangun kembali demokrasi berdasarkan:

  • Hak: Menjamin hak dan perlindungan buruh perempuan, termasuk hak untuk hidup dan bekerja bebas dari kekerasan dan pelecehan.
  • Pekerjaan: Berinvestasi dalam kepedulian untuk menciptakan jutaan pekerjaan layak rendah karbon atau nol karbon yang sangat dibutuhkan. Membantu mengurangi ketidaksetaraan dan ketidaksetaraan gender dan meningkatkan ketersediaan dan kualitas layanan untuk semua.
  • Perlindungan sosial: Mengamankan perlindungan sosial yang tanggap terhadap gender untuk semua pekerja, termasuk pekerja di perekonomian informal, dan membentuk Dana Perlindungan Sosial Global;
  • Kesetaraan: Memastikan partisipasi yang setara dan setara dari perempuan dan kelompok-kelompok yang mencari kesetaraan dalam kehidupan ekonomi, sosial, politik dan budaya; dan
  • Inklusi: Membongkar sistem penindasan yang berpotongan yang mengecualikan orang berdasarkan jenis kelamin, ras, kelas, kebangsaan, kewarganegaraan, kecacatan, usia, orientasi seksual atau identitas gender.

ITUC menyerukan sikap tegas sangat diperlukan jika ingin membangun masa depan yang lebih baik. Pada perayaan IWD ini tahun ini, ITUC akan mengkampanyekan kerja layak dan kepemimpinan perempuan dalam keberagaman #InvestInCare # RatifyC190 (AH)