ID ENG

Peringatan HPN 2022, DPP FSB GARTEKS: Pers Berperan Besar Dalam Perjuangan Buruh

Tanggal Publish: 09/02/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS) mengucapkan selamat Hari Pers Nasional atau HPN 2022. Dimana, perayaan tersebut diperingati setiap 9 Februari dan tahun ini diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia menilai, perjalanan pers di Indonesia sangatlah dinamis dari masa ke masa dan telah banyak mengukir sejarah di negara ini.  Lalu ikut memberikan kontribusi besar membangun peradaban bangsa ini menjadi lebih baik. Pers juga dinilainya sangat berperan membantu perjuangan gerakan buruh. Sehingga, kampanye maupun advokasi yang disuarakan akhirnya bisa diketahui masyarakat luas.

“Peran pers itu sudah bagian dari jantung Indonesia. Kalau para awak media ini tidak memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang mereka buat, saya yakin masyarakat kita akan cerdas dan kritis sekarang ini,” ucapnya, di Cipinang Muara Jakarta Timur, Rabu (9/2/2022).

Lanjutnya, dia menceritakan pers juga ikut berperan mengungkap kasus kematian Almarhum Marsinah, aktivis buruh perempuan yang ditemukan tewas pada 9 Mei 1993, di hutan Dusun Jegong, Nganjuk, Jawa Timur. Padahal, pada saat itu, hak kebebasan demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) benar-benar dikekang oleh rezim militer orde baru (Orba).

“Pers juga banyak yang berani mengambil resiko untuk membantu gerakan serikat buruh waktu berjuang melawan rezim Orba. Akhirnya pada Mei 1998, kekuasaan Presiden Soeharto tumbang dan kita sekarang ini bisa menikmati proses demokrasi,” ujarnya.

Selain itu, pada saat buruh gencar menolak rancangan pembahasan omnibus law Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, pers juga ikut membantu aktivis serikat buruh dalam pemberitaan. Sehingga, khalayak ramai menjadi tahu alasan buruh menolak undang-undang tersebut. Artinya, dia menerangkan bahwa pers itu merupakan kekuatan yang mampu membangun kesadaran masyarakat menjadi kritis.

“Pada peringatan HPN 2022 ini, saya berharap insan pers Indonesia bisa semakin profesional dan menyajikan karya berita untuk membangun karakter bangsa,” ungkapnya.

Sebab, kata Ary Joko, kondisi negara saat ini sedang mengalami krisis identitas dan salah satunya, persoalan berita fitnah (hoax) maupun ujaran kebencian banyak beredar di media sosial (Medsos). Oleh sebab itulah, masyarakat berharap pers menjadi agen adukasi untuk menyadarkan publik, agar tidak tersulut pemberitaan hoax yang bisa menimbulkan perpecahan negaran.

“Mewakili keluarga besar FSB GARTEKS saya mengucapkan Selamat HPN 2022. Semoga para insan pers di Indonesia tetap konsisten mencerdaskan bangsa ini. Tetap menyajikan pemberitaan yang bersifat edukasi, kritis dan semoga sehat selalu dimasa pandemi Covid-19,” ucapnya. (AH)