ID ENG

Pelatihan Jurnalis dan Medsos Sukses, Paraduan Pakpahan Ucapkan Terima Kasih Kepada Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara

Tanggal Publish: 07/01/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Aktivis Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Kota Medan dan Deli Serdang Sumatera Utara bersama mitra kerjanya BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara, pada Kamis (6/1/2022) menggelar pelatihan “Aktivis Buruh Mengenal Dunia Jurnalis dan Media Sosial’. Agenda ini berjalan sukses dan pemberi materi oleh Andreas Hutagalung dari Departemen Komunikasi dan Politik DPP FSB GARTEKS KSBSI.

Paraduan Pakpahan SH, Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kota Medan dan Deli Serdang Sumatera Utara mengatakan pelatihan ini salah satu program yang dijalankan awal tahun 2022. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan pengurus serta anggota supaya gemar dalam budaya menulis. Dan nantinya memiliki semangat untuk menuliskan segala kampanye dan kegiatan serikat buruhnya di media sosial (Medsos).

“Kekuatan serikat buruh itu tidak hanya dinilai hanya jumlah anggotanya banyak saja. Tapi juga harus bisa memiliki kemampuan intelektual yang bisa dituangkan dalam bentuk tulisan. Sebab tujuan gerakan FSB GARTEKS KSBSI itu untuk melahirkan aktivis buruh yang cerdas, berani dan militan,” ucapnya, diruangan rapat Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara, Sumatera Utara.

Selain itu Paraduan menyampaikan, dari 21 peserta yang mengikuti pelatihan, dia berharap nantinya akan lahir  kader-kader yang memiliki komitmen untuk menjadi jurnalis nitizen. Dimana nantinya mereka bisa lebih terlibat mengenalkan FSB GARTEKS KSBSI di Sumatera Utara, salah satunya melalui tulisan.  

“Saya berharap nantinya semua pengurus dan anggota harus rutin mempublikasikan setiap kegiatan FSB GARTEKS KSBSI di Kota Medan dan Sumatera Utara di medsos. Sehingga buruh dan masyarakat luas semakin mengenal gerakan kami,” ujarnya.

Tak lupa, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Tengku Haris Sabri Sinar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara. Karena ikut mendukung dan memberikan fasilitas ruangan agar pelatihan yang diadakan berjalan lancar.

“Selama ini hubungan kami sangat harmonis dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai mitra kerja antara serikat buruh dan pemerintah. Salah satu program yang sukses dijalankan adalah jaminan perlindungan sosial ‘Perisai’ untuk buruh informal,” kata Paraduan.

Paraduan juga punya keinginan, lewat program jurnalis dan media sosial, pengurus dan anggotanya bisa membantu mengkampanyekan program BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dijalankan selama ini. Karena masih banyak buruh belum mengetahui secara keseluruhan akan pentingnya manfaat jaminan perlindungan sosial. (AH)