ID ENG

Ombudsman Sarankan ke Pemerintah Agar TKA Cina Tidak Masuk Indonesia

Tanggal Publish: 27/01/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

La Ode Ida Komisioner Ombudsman RI menyarankan kepada pemerintah untuk mengeluarkan larangan sementara kepada Tenaga Kerja Asing (TKA) dan wisatawan asal negara Cina masuk ke Indonesia. Pasalnya, sejak merebaknya virus corona di Provinsi Wuhan telah menjadi ancaman masyarakat dunia. Sebab virus tersebut sampai saat ini belum ada penangkalnya dan telah banyak merengut nyawa.

“Mengingat virus corona telah mengancam nyawa manusia, kami meyarankan pemerintah untuk ada baiknya mengeluarkan larangan sementara kepada tenaga kerja dan wisatawan asal Cina masuk ke negara ini,” ujarnya dalam keterangan pers kepada wartawan, Jakarta, 27 Januari 2020.

Ada beberapa daerah yang banyak TKA asal Cina bekerja di negara ini. Seperti di Sulawesi Tenggara dan Tengah yang bekerja di sektor pertambangan. Dia mengingatkan ada baiknya jika pemerintah segera melakukan pemeriksaan khusus kepada pekerja asal Cina yang masuk ke Indonesia.

“Pemeriksaan khusus ini saya pikir tujuannya baik. Agar bisa mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona masuk ke negara kita,” jelasnya.

Sebab data terakhir, korban yang meninggal sudah mencapai 56 orang. Nah, penyebaran virus tersebut pun sangat cepat sekali, tidak hanya di Cina saja. Dibeberapa negara seperti Singapura, Thailand dan Malaysia sudah ada positif terkena virus corona.

“Ada baiknya pemerintah bergerak cepat untuk melindungi warganya. Agar tidak terkena virus yang membahayakan itu,” pungkasnya. (AH)