ID ENG

Massa Buruh GARTEKS KSBSI Kembali Demo di PT Vita Prodana Mandiri

Tanggal Publish: 17/02/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Sekitar 200 buruh massa buruh FSB GARTEKS Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kabupaten Serang, Banten melakukan aksi demo di depan gerbang PT Vita Prodana Mandiri. Aksi demo ini dimulai sejak pagi hari sampai siang hari. Sebelum aksi, massa buruh juga membacakan surat Yasin  3 (tiga) kali dan doa bersama. Agar perusahaan segera memenuhi tuntutan mereka.

Faizal Rakhman , Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang yang turun dalam aksi demo mengatakan alasan buruh melakukan demo karena piha perusahaan telah melakukan pemberangusan serikat buruh dan membuat kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak.

Sementara buruh yang di PHK sedang memperjuangkan kesejahteraan mereka dalam perusahaan. Pasalnya, Faizal mengatakan perusahaan selama ini tidak menjalankan kewajiban memenuhi hak buruh. Seperti tidak menjalankan upah minimum Kabupaten Serang dan upah minimum sektoral Kabupaten Serang sesuai surat keputusan Gubernur Banten.

“Lalu perusahaan juga tidak mengikutsertakan buruh dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan,” jelasnya dalam keterangan pers, 17 Februari 2020.

Oleh sebab itulah, FSB GARTEKS KSBSI mendesak memenuhi tuntutan buruh. Karena selama ini buruh sudah menjalankan kewajibannya di perusahaan selama bekerja. Adapun tuntutan massa buruh diantaranya:

  1. Pekerjakan kembali pengurus dan anggota PK FSB Garteks KSBSI PT Vita Prodana Mandiri.
  2. Pihak perusahaan PT Vita Prodana Mandiri harus segera menjalankan upah minimum Kabupaten Serang dan upah minimum sektoral Kabupaten Serang sesuai surat keputusan Gubernur Banten.
  3. Mengikutsertakan semua karyawan PT Vita prodana Mandiri dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
  4. Stop pemutusan hubungan kerja terhadap pengurus dan anggota PK FSB Garteks KSBSI PT Vita Prodana Mandiri.5) memberikan kebebasan kepada karyawan untuk berserikat.

“Kalau pihak manajemen PT Vita Prodana Mandiri tidak menanggapi tuntutan, kami akan terus melakukan perlawanan sampai proses hukum. Demo yang kami lakukan juga karena tidak ada titik temu dialog dengan pihak perusahaan,” tegasnya.

Sekadar tahu, PT Vita Prodana Mandiri beralamat Kawasan Industri Pancatama 3, Jalan Raya Serang KM 67 Desa Sukatani Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Banten. (Kiki Hambali-Kontributor Kab Serang)