ID ENG

Mari Berkenalan Dengan Tim Explore Garteks

Tanggal Publish: 17/09/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Tim Explore Garteks salah satu komunitas yang dimiliki Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri (DPC) FSB GARTEKS Kabupaten Serang Banten. Tahun ini, komunitas tersebut intens melakukan kunjungan ke wisata alam. Menarik melihat kegiatan mereka, karena aktivis buruh tak hanya melakukan aksi demo saja. Namun mampu melakukan kegiatan sosial dan wisata alam.   

Topan Nadia Kelana Koordinator  Tim Explore Garteks mengatakan awal dibentuknya komunitas ini pada Februari 2021. Tujuannya untuk menyalurkan minat jalan-jalan (travelling) serta menjadi inovasi dalam menjalin kekompakan dan membangun ikatan kekeluargaan organisasi. Baik dari tingkat DPC maupun Pengurus Komisariat (PK) dan anggota yang.

Setiap Tim Explore Garteks melakukan kunjungan wisata alam, langsung dipublikasikan ke media sosial ‘Garteks Serang Official’. Agar publik luas mengetahui sehingga menjadi  tertarik mengunjunginya. Ia juga berharap, kepala daerah setempat bisa memberikan perhatian, agar lokasi wisata dikelola profesional supaya perekonomian masyarakat setempat meningkat. Apalagi, pandemi Covid-19 berdampak pada wisata alam menjadi sepi pengunjung.

“Jadi tujuan Tim Explore Garteks ini bukan sekadar travelling. Namun ada misi tersendiri untuk mengenalkan keindahan alam wilayah Banten sekaligus membangkitkan perekonomian masyarakat kecil disekitar lokasi wisata dimasa pandemi,” ucapnya saat diwawancarai melalui seluler, Jumat (17/9/2021).

Kemudian , setiap melakukan travelling, biasanya Tim Explore Garteks mengunjungi tempat pelosok wisata alam yang masih jarang dikunjungi masyarakat. Dan daerah tersebut, masih kurang tersentuh pembangunan serta akses jalan menuju lokasi wisata alamnya belum memadai.  

Contoh, baru-baru ini mereka melakukan travelling di Curug Ciajeng dan Curug Kembar daerah Pandeglang. Lalu ke Curug Cibangkit, Curug Padukuna Kabupaten Lebak. Pada umumnya lokasi wisata ini masih kurang tersentuh pembangunan akses jalannya. Dia berharap pemerintah setempat bisa memberikan perhatian khusus.

“Sebelumnya jami juga sudah pernah melakukan travelling ke kawasan suku Baduy,”

Lanjutnya, Topan mengatakan rencana Tim Explore Garteks untuk kedepannya tak hanya mempromosikan wisata alam saja. Tapi juga akan mengenalkan budaya dan religius diwilayah Banten serta kegiatan travelling dilakukan 1 kali dalam setiap bulan.

“Minat kawan-kawan di internal cabang FSB GARTEKS Kabupaten Serang pun semakin ramai yang ingin ikut bergabung dalam kegiatan Tim Explore Garteks,” ungkapnya.

Kemudian, dalam  waktu dekat ini pihaknya berencana akan melakukan travelling dikawasan pantai Anyer, atau alternatif lainnya ke Pulau Sangiang Banten. Dulunya, daerah tersebut ramai dikunjungi masyarakat. Tapi, sejak terjadi pandemi Covid-19 menjadi sepi. Karena itulah, Tim Explore Garteks berniat ke lokasi tersebut untuk berwisata sekaligus mempromosikan keindahannya.

“Biasanya, setiap ke lokasi traveling kami selalu berinteraksi dengan warga setempat. Supaya kami tahu, apa keinginan yang ingin disampaikan mereka kepada pemerintah setempat untuk memajukan lokasi pembangunan didesa wisatanya,” kata Topan.

Topan juga menjelaskan bahwa dirinya juga sudah diberikan mandat oleh DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang untuk melakukan pembinaan UMKM ditengah masyarakat. Karena itulah, dia berniat untuk kedepannnya membangun  kerja sama dengan masyarakat desa dalam peningkatan ekonomi kerakyatan. Dan terakhir, setiap kegiatan travelling Tim Explore Garteks semuanya melalui dana mandiri.

“Kalau ada diluar keluarga besar FSB GARTEKS Kabupaten Serang ingin ikut kegiatan travelling, kami sangat terbuka dan tidak menutup diri,” tandasnya. (AH)