ID ENG

Konsolidasikan Kader Muda, DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang Gelar Rakercab

Tanggal Publish: 25/10/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Pada Sabtu dan Minggu, 23-24 Oktober 2021, Dewan Pengurus Cabang  Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Kabupaten Serang Banten menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Acara diadakan di Pantai Anyer, Kabupaten Serang.

Kegiatan ini sebagai persiapan agenda Konferensi Cabang (Konfercab) yang rencananya diadakan tahun depan. Sekaligus ajang konsolidasi internal dan memberikan pelatihan kepada Pengurus Komisariat (PK) tingkat perusahaan. Ada beberapa poin diskusi yang dibahas, seperti penguatan serikat buruh tingkat perusahaan, sosial dialog, rantai pasok perusahaan Multinasional dan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.    

Faizal Rakhman Ketua Cabang DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang menyampaikan agenda Rakercab ini merupakan tanggung jawab dan tradisi pengkaderan serikat buruh yang dipimpinnya. Khususnya, mengumpulkan kader muda pengurus tingkat PK untuk diberi pembekalan materi dunia aktivis perburuhan.

“Saya berharap agar materi diskusi yang diberikan nara sumber, semua peserta pengkaderan ini bisa mengaktualisasikannya di perusahaan. Serta mentransformasikan ilmu yang sudah didapat kepada pengurus dan anggota di tiap perusahaan yang belum bisa mengikuti pelatihan,” ucapnya.

Dia juga memberikan motivasi, agar setiap kader yang dipercaya menjadi  pengurus tingkat perusahaan harus bisa menjalankan roda organisasi dengan baik. Kalau ada anggota yang mengalami masalah ketenagakerjaan di perusahaan, supaya tidak lari dari tanggung jawab.

“Dan harus membangun militansi untuk merekrut dan membesarkan FSB GARTEKS KSBSI di perusahaan masing-masing,” tegasnya.

Sebab, serikat buruh yang kuat pasti memiliki posisi tawar yang diperhitungkan. Namun, kalau anggotanya sedikit, maka dianggap sepele pemerintah dan perusahaan. Intinya, Faizal mengatakan DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang berkomitmen memberikan pembinaan kepada semua PK dan anggota. Serta melakukan advokasi jika ada yang sedang mengalami perselisihan ketenagakerjaan dengan perusahaan.

“Tapi langkah utama yang kita lakukan tetap mengutamakan sosial dialog dahulu dengan perusahaan, tidak langsung demo,” tuturnya.

Sis Joko Wasono Koordinator Wilayah (Korwil) KSBSI Provinsi Banten dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang mengalami kemajuan yang pesat. Dimana memiliki anggota yang jumlah PK banyak di perusahaan. Dia berharap, proses pengkaderan tetap berjalan agar melahirkan kader-kader muda militan yang siap membela hak kesejahteraan buruh. 

“Semoga gerakan DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang tetap dinamis dan semakin diperhitungkan pemerintah serta pengusaha,” ungkapnya.

Rakercab yang diadakan 2 hari itu sekaligus diadakan pelantikan kepada dua PK yang baru. Diantaranya dari PK PT. Eagle Nice Indonesia dan PK PT. Nikomas. Dan dihadiri Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekjen KSBSI,  Trisnur Priyanto Sekjen DPP FSB GARTEKS KSBSI, Tri Pamungkas Ketua DPP FSB GARTEKS KSBSI, perwakilan DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya, DP FSB GARTEKS KSBSI DKI Jakarta serta tamu undangan lainnya. (AH)