ID ENG

Kapolri dan KSBSI Sukseskan Program Vaksinasi Untuk Buruh di Tangerang

Tanggal Publish: 19/08/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) hari ini sukses melakukan vaksinasi Covid-19 untuk 1000 buruh di PT Elite Garmen Tangerang Banten. Agenda ini difasilitasi afiiasi KSBSI melalui Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS).

Dalam kata sambutannya, Sigit sangat mengapresiasi positif kepada KSBSI. Karena sudah ikut berperan membantu pemerintah, khususnya dalam program vaksinasi bagi buruh dilingkungan perusahaan. Dengan adanya kolaborasi ini, dia mengatakan semakin mempercepat target pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari ancaman Covid-19.

"Untuk target wilayah DKI Jakarta pihak kepolisian sudah tembus 100 persen melaksanakan vaksinasi. Saya minta untuk seluruh jajaran untuk tingkatkan diwilayah aglomerasi. Banten termasuk wilayah aglomerasi yang memang harus kami garap dalam waktu dekat ini," kata Sigit, Kamis (19/8/21).

Kapolri juga menerangkan daerah Banten masih di angka 28 persen vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua kurang lebih 13 persen. Sehingga, dalam waktu dekat ini, target yang diharapkan vaksin pertama dan kemudian kedua bisa makin bertambah.

Sementara Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban juga menghaturkan rasa terima kasihnya atas bantuan dari Kapolri dan Kapolda Banten yang telah memberikan bantuan vaksin Covid-19 untuk buruh. Mewakili KSBSI, dia mengatakan, dengan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik, akhirnya kedua belah pihak bisa mensukseskan program vaksinasi. Sehingga, hari ini ada buruh di 5 perusahaan yang juga anggota KSBSI terlibat vaksinasi.     

“Seandainya jika biaya vaksinasi dibebankan kepada perusahaan pasti sangat mahal mencapai milyaran rupiah.  Namun karena sudah ada jalinan hubungan komunikasi yang baik, pihak Kapolri dan Kapolda Banten memberikan vaksinasi gratis untuk buruh,” ungkapnya.

Dia berharap, setelah buruh mendapatkan vaksin, sebaiknya tetap percaya diri untuk bekerja. Dan kedepannya, pemerintah semakin gencar lagi  melakukan program vaksinasi ke setiap perusahaan dan pabrik. Baik didalam dan luar Pulau Jawa. 

“Kedepannya jika buruh-buruh Indonesia semua sudah mendapatkan vaksin, maka kekebalan tubuh kita semakin kuat. Kemudian kita bisa bersama-sama gotong royong membangkitkan roda ekonomi kita, yang saat ini sedang terpuruk karena dampak pandemi Covid-19,” tutupnya.

Program vaksinasi ini juga dihadiri Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid, Ary Joko Sulistyo, Trisnur Priyanto (Ketua Umum dan Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI beserta jajarannya. Dan DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya dipercaya salah satu penanggung jawab inti untuk mensukseskan agenda program nasional tersebut. (AH/berbagai sumber)