ID ENG

K2F FSB GARTEKS Sosialisasikan ‘Safe Circle’ di PK FSB GARTEKS PT. Kaho Indah Citra Garmen

Tanggal Publish: 30/09/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Komisi Kesetaraan Federasi (K2F) FSB GARTEKS kembali melakukan kegiatan pendidikan kader. Agenda yang diadakan adalah sosialisasi advokasi serta pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual di dunia kerja. Diadakan di sekretariat Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS PT. Kaho Indah Citra Garmen, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Utara.

Indah Fatma Sari Ketua Komisi Kesetaraan mengatakan bahwa pendidikan ini tujuannya untuk memberikan edukasi akan pentingnya buruh terlibat untuk melawan dan mencegah kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan kerja mereka. Sosialisasi tersebut juga khusus diberikan kepada PK FSB GARTEKS yang sudah memiliki Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah memiliki komitmen Gender Bassed Violence (GBV) di perusahaan.

“Salah satunya PK FSB GARTEKS PT. Kaho Indah Citra Garmen sudah memiliki PKB GBV,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Kamis (30/9/2021).

Dia berharap sosialisasi yang sudah diberikan, setiap PK bisa bisa menjalankan agenda ‘Safe Circle’. Atau lingkaran aman bagi buruh yang bekerja. Sebab perusahaan di sektor garmen dan tekstil itu didominasi pekerjanya perempuan. Indah juga sangat mengapresiasi kepada peserta yang mengikuti kegiatan, dimana sangat banyak bertanya dan memberikan pendapat mengenai bagaimana mengatasi pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual di dunia kerja.

“Mereka juga sangat antusias ingin menjalankan agenda’save circle’ untuk saling mengawas dan menjaga agar tidak ada terjadi kasus kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan kerja perusahaan, “ jelasnya.

Intinya, Indah mengatakan peserta yang mengikuti sosialisasi ini berkomitmen untuk menjadikan lingkungan kerja bebas dari segala bentuk kekerasan dan pelecehan seksual ditempat kerja mereka. Terakhir, dia menegaskan, bahwa sosialisasi yang disampaikan bukan semata untuk kepentingan perlindungan buruh perempuan.

“Laki-laki juga berhak mendapat pembelaan yang sama kalau mereka menjadi korban ditempat kerja,” tegasnya.   

Sebelumnya, K2F sudah melakukan sosialisasi 2 di PK FSB GARTEKS PT. Indonesia Wacoal dan PT. Ricky Putra Globalindo di Kantor DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor Jawa Barat. Dalam waktu dekat ini rencananya akan diadakan di PT. Parkland World Indonesia (PWI) Satu serta PT. PWI Dua, dibawah naungan DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang Banten. (AH)