ID ENG

Ini Kesiapan DPP FSB GARTEKS KSBSI Untuk Aksi Demo Nasional 10 Agustus

Tanggal Publish: 03/08/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan dan Kulit Sentra Industri Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS KSBSI) menyatakan siap dalam aksi nasional pada 10 Agustus 2022 di Gedung DPR RI. Aksi demo tersebut merupakan gabungan Aliansi Sejuta Buruh dan melakukan aksi serentak, dari Ibukota Jakarta sampai berbagai daerah.

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum DPP FSB GARTEKS KSBSI mengatakan agenda konsolidasi internal sudah dilakukan. Semua pengurus dari tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Komisariat (PK) sudah menyatakan mendukung dan siap turun ke jalan pada 10 Agustus 2022 nanti.

“Sesuai intruksi Dewan Eksekutif Nasional Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DEN KSBSI) yang memerintahkan semua federasi yang berafiliasi untuk aksi nasional pada 10 Agustus 2022, maka FSB GARTEKS KSBSI wajib ikut mendukung,” ucap Ary Joko, di Cipinang Muara Jakarta Timur, Rabu (3/8/2022).

Dia juga menyampaikan berdasarkan surat resmi pun telah diterbitkan dengan Nomor: AB.0156/DPP FSB GARTEKS /INT/VII/2022, pada 29 Juli 2022, bahwa aksi demo yang dilakukan FSB GARTEKS se-nasional dilakukan diwilayah masing-masing. Dan harus menaati peraturan hukum, termasuk mengikuti protokol kesehatan.

Tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi nasional ini adalah sesuai intruksi DEN KSBSI, diantaranya:

  1. Mendesak DPR R.I untuk mengeluarkan klaster ketenagakerjaan dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.
  2. Mendesak Presiden R.I untuk menerbitkan Perppu penangguhan keberlakuan klaster ketenagakerjaan dari UU Cipta Kerja dan memberlakukan UU No. 13 Tahun. 2003 secara utuh.

“Pengurus DPC FSB GARTEKS KSSBSI juga diersilahkan membangun aliansi lintas serikat buruh untuk mempersiapkan aksi nasional 10 Agustus 2022,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Tri Pamungkas Ketua Konsolidasi DPP FSB GARTEKS KSBSI. Dia menyampaikan untuk aksi di Gedung DPR RI, ada 9 DPC penyangga Ibukota Jakarta yang sudah siap menggerahkan massa buruhnya. Diantaranya dari cabang Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Kabupaten Taangerang, Kabupaten Serang, DKI Jakarta, Kabupaten Karawang.

“Serta pengurus dan anggota dari DPC FSB GARTEKS KSBSI dari Kabupaten Jepara Jawa Tengah juga menyatakan siap bergabung aksi demo di depan Gedung DPR RI pada 10 Agustus nanti,” ungkapnya.

Untuk estimasi massa FSB GARTEKS KSBSI yang bakal diturunkan dalam aksi Aliansi Sejuta Buruh, Tri mengatakan akan mengerahkan buruh sebanyak 800 orang. Mereka yang akan aksi demo nanti akan berangkat ke Gedung DPR RI dengan kendaraan roda 2 dan empat. Serta bus dari wilayah masing-masing.

“Semua pengurus sudah dikoordinasikan sebelum aksi demo nanti. Dan saat aksi demo, massa buruh FSB GARTEKS KSBSI harus mengikuti arahan perintah komando DEN KSBSI,”tandasnya. (AH)