ID ENG

Hubungan Industrial DPC FSB GARTEKS KSBSI Kota Medan dan Deli Serdang Dengan Hotel Grand Antares Terjalin Harmonis

Tanggal Publish: 07/01/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Selain advokasi dan pengkaderan serikat buruh harus mampu menciptakan hubungan harmonis dengan perusahaan. Hal ini dibuktikan Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Kota Medan dan Deli Serdang Sumatera Utara dengan pihak Manajemen Hotel Grand Antares.

Paraduan Pakpahan SH, mengatakan serikat buruh yang dipimpinnya telah membentuk perwakilan Pengurus Komisariat (PK) di Hotel Grand Antares yang beradi di Jalan Sisingamaraja, Kota Medan. Dia menerangkan kehadiran FSB GARTEKS KSBSI di hotel ini diterima dengan baik. Karena setiap ada perselisihan ketenagakerjaan, dia selalu mengedepankan sosial dialog untuk menyelesaikan persoalan.

“Saya rutin melakukan  pertemuan dr Hisar Manurung Pemilik Hotel dan Lindung Pandiangan SE, SH, MM owner representativ Hotel Grand Antares. Tujuannya untuk mengenalkan kalau serikat buruh itu tidak hanya dikenal aksi demo saja. Tapi dengan berdialog dan memberikan gagasan pun kami bisa,” ucapnya, di Hotel Grand Antares, Jumat (7/1/2022).

Dia menceritakan pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020, ikut membuat bisnis hotel terpukul. Sehingga berimbas pada pekerja yang banyak mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan dan pemotongan upah. Untuk mengatasi masalah ini, Paraduan pun melakukan inisiatif sosial dialog. Agar pengurus dan anggotanya di Hotel Grand Antares tetap mendapat jaminan tetap bekerja.

“Kalau pun sebagian besar pengurus dan anggota kami di Hotel Grand Antares mengalami pemotongan upah kami bisa memakluminya. Karena situasi pandemi ini tak hanya bisnis hotel saja yang banyak terpuruk. Sektor usaha lain pun banyak,” ungkapnya.

Dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Agar perekonomian negara bisa pulih, sehingga lapangan kerja bisa terbuka kembali. Selain itu, DPC FSB GARTEKS KSBSI Kota Medan dan Deli Serdang tahun ini berkomiten untuk menambah perwakilan PK di sektor perhotelan. Untuk mencapai target tersebut, dia akan lebih fokus membangun jaringan dari tingkat atas sampai bawah.

“Saya akan memperkuat konsolidasi internal organisasi dulu dalam rangka membesarkan FSB GARTEKS KSBSI. Setelah itu baru membangun jaringan melalui komunikasi sosial dialog dengan pengusaha, sehingga target menambah 10 perwakilan pengurus komisariat bisa terealisasi di sektor perhotelan,” tutupnya. (AH)