ID ENG

Hasil Dari Silaturahim, PT Saedong Mendukung Kampanye GBV

Tanggal Publish: 24/08/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Untuk mewujudkan agenda dialog sosial yang nyata dalam hubungan industrial, DPP FSB GARTEKS KSBSI melakukan kunjungan ke PT Saedong, di Kabupaten Serang Banten. Dalam kunjungan itu juga langsung disambut hangat dari perwakilan perusahaan. Dimana, PT Saedong selama ini menerima baik kehadiran Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI serta menciptakan hubungan yang harmonis.

Ary Joko Sulistyo, Ketua Umum DPP FSB GARTEKS KSBSI dalam dialog tersebut juga menyampaikan agar pengurus dan anggota GARTEKS di PT Saeodong harus bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk perusahaan. Sebab, berbagai aspirasi buruh yang diperjuangkan selama ini telah banyak dipenuhi.

Seperti mayoritas 1100 buruh yang bekerja sudah tak ada lagi yang status pekerja kontrak. Termasuk hak pemenuhan upah dan kesejahteraan juga semakin diperhatikan oleh perusahaan. Selain itu, Joko juga menyampaikan silaturahim yang dilakukannya juga untuk mengkampanyekan Gender Bassed Violence (GBV).

“Saya berharap PT Saedong bisa ikut terlibat kampanye GBV untuk menghilangkan berbagai macam kekerasan fisik, pelecehan seksual dan diskriminasi untuk mewujudkan keseteraan gender,” ungkapnya, Jumat, 23 Agustus 2019.

Lanjutnya, Joko menjelaskan kejahatan perlakuan kekerasan dan diskriminasi masih kerap diterima buruh dalam perusahaan. Apabila ada buruh perempuan yang mendapat perlakuan pelecehan seksual, sangat sulit diungkapkan karena perlakuan tersebut masih dianggap tabu. Oleh sebab itulah, dia berharap sudah waktu serikat buruh dan perusahaan bisa saling bersinergi mengkampanyekan program GBV.

Nana, perwakilan pimpinan perusahaan langsung menyambut baik tentang usulan kampanye GBV. Bahkan di PT Saedong juga sudah menerapkan perlindungan terhadap buruh perempuan. Dia juga setuju program GBV nantinya dimasukan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Bahkan bagi buruh perempuan yang sedang hamil, Nana menyampaikan sudah memberikan perhatian khusus selama bekerja. Agar kesehatannya selama bekerja tidak terganggu.

“Kami sangat mendukung program kampanye GBV, kalau tujuannya untuk menwujudkan kesetaraan gender,” pungkasnya.

Dia juga menambahkan kalau pun nantinya program kampanye dan advokasi GBV dilakukan agar saling koordinasi dahulu dengan pihak perusahaan agar tidak mengganggu kerja. Kampanye GBV bisa dilakukan saat istrahat jam kerja pada siang hari.      

Selain membahas program GBV, kedua belah pihak sepakat jika ada persoalan konflik hubungan industrial  lebih mengedepankan cara dialog sosial. Joko meyakinkan, kehadiran serikat buruh yang dipimpinnya di PT Saedong bukan mencari permusuhan.

Melainkan untuk membangun mitra dan menciptakan keseimbangan mitra agar perusahaan tetap semakin maju mensejahterakan buruhnya. Dalam kunjungan itu, Joko juga ditemani Faizal Rakhman, Eko Suparman Ketua dan pengurus DPC serta Ketua Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang. (AH)