ID ENG

Gugatan Pemotongan Cuti 5 Hari di PT. KAHO Indah Citra Garment Ditolak, PK Sandang Garteks Akan Kasasi

Tanggal Publish: 18/12/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Gugatan Pengurus Komisariat (PK) Sandang Gartek PT. KAHO Indah Citra Garment di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Jakarta Pusat, beberapa hari lalu ditolak oleh majelis hakim. Gugatan ini dilatarbelakangi kebijakan pengusaha melakukan pemotongan cuti 5 hari dimasa pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Merasa haknya dirugikan, buruh pun melakukan gugatan untuk menuntut keadilan.

Yumana Sagala Ketua Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS-KSBSI) DKI Jakarta mengatakan menghormati keputusan tersebut. Tapi dirinya bersama tim kuasa hukum menegaskan bakal mengambil langkah hukum selanjutnya.

“Rencananya kami akan melakukan banding atau kasasi. Sebelum  masuk ke tahap itu, saya bersama kawan-kawan sedang menunggu salinan putusan dari pengadilannya dulu selama 2 minggu,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Jumat kemarin (17/12/2021).

Sambil menunggu salinan putusan, Yumana menerangkan mereka akan melakukan kampanye non litigasi tentang masalah tersebut ke bran dan buyer di PT. KAHO Indah Citra Garment. Termasuk mitra internasional FSB GARTEKS KSBSI, melalui IndustriAll, AFWA maupun BWI.

“Sebenarnya alasan kami melakukan gugatan ini memang ada alasan mendasar. Sebab dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah disepakati, pihak perusahaan melanggarnya dengan dalih pandemi Covid-19. Padahal kesepakatan yang sudah dibuat itu kan hak normatifnya pekerja,” ujar Yumana.

Untuk langkah selanjutnya, Yumana menyampaikan agar semua pengurus dan anggota yang ikut melakukan gugatan jagan putus asa. Ada 495 orang yang melakukan gugatan dan nominal uang tuntutan yang diajukan sebesar Rp.236 juta. “Intinya, perjuangan belum berhenti. Kami akan tetap membuat kasasi. Mudah-mudahan nantinya membawa hasil yang menggembirakan,” ucapnya.