ID ENG

Gelar Agenda ‘Working dan Sosial Dialog’, DPC FSB GARTEKS Jepara Bahas Isu Ketenagakerjaan

Tanggal Publish: 17/10/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Bertempat di Ocean View Jepara para Sabtu, 16 Oktober 2021. Agenda ini dihadiri Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban dan Sekjend DPP FSB GARTEKS Trisnur Priyanto, Rekson Silaban MPO KSBSI, Sulistri (Sekjen FSB KAMIPARHO), Maria Emeninta (IIWE), Nuruddin Amin Wakil Ketua DPRD Jepara dari Fraksi PKB serta Mulyadi perwakilan BPJS Ketanagakerjaan. 

Elly Rosita Silaban menyampaikan mengapresiasi dengan acara dialog tersebut dan sangat peduli perkembangan FSB GARTEKS di Kabupaten Jepara. Sebab banyak anak-anak muda yang berpotensi yang berpotensi menjadi kader kader penerus perjuangan buruh. Dalam diskusi itu, dia juga membahas wacana kenaikan upah buruh tahun 2022 ini disetiap daerah. 

“Tapi ada baiknya tidak boleh memukul rata masalah upah. Karena tidak semua terdampak pandemi Covid-19 seperti sektor perkebunan dnan kehutanan. Namun kalau usaha di sektor manufaktur,  memang kita lihat perusahaan ini tetap stabil selama pandemi. Jadi ada baiknya upah buruh harus dinaikan untuk mendorong daya beli para buruh tetap stabil," jelasnya.

Sementara Trinur Priyanto Sekjend DPP FSB GARTEKS ikut mengatakan bahwa perkembangan gerakan serikat buruh GARTEKS di Jepara semakin berpengaruh dan berhasil membangun gerakan sosial dialog diwilayah tersebut.

“Saya berharap kepada semua pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Komisariat (PK)  tetap kompak dan bisa memberikan solusi bagi buruh di Jawa Tengah. Karena buruh adalah aset penting bagi GARTEKS dan mudah mudahan bisa tetap menjalin hubungan sosial dialog dengan perusahaan,” ungkapnya.

Agenda berjalan dengan lancar dan sangat bergitu cair dalam berdiskusi membahas satu persatu pokok permasalahan, para peserta begitu berantusias untuk mengikuti acara ini, Agenda tersebut diikuti oleh para Pengurus Komisariat Garteks PT. Parkland World Indonesia dan Pengurus Komisariat Garteks PT. Hwa Seung Indonesia adapun juga dari Para Perwakilan Anggota di masing masing Gedung. "

Toto Susilo Ketua Dewan Pengurus Cabang FSB GARTEKS Jepara yang menginisiasi dialog ini mengatakan agenda tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan serikat buruh bagi para pengurus komisariat. Apalagi tahun ini salah satu kader terbaik dari FSB GARTEKS PT. Hwa Seung Indonesia Abu Yazid Al Bustomi sudah masuk dalam jajaran Dewan Pengupahan Kabupaten Jepara. Pihaknya berharap dirinya tahun ini bisa memperjuangkan kenaikan upah sesuai apa yang harapan buruh,” ucapnya.

Selain itu, dia menambahkan FSB GARTEKS Jepara saat ini melakukan kegiatan pasca diterbitkannya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Pihaknya mempunyai sikap untuk mengkaji kembali atau mendesak pemerintah pusat agar UU Cipta Kerja ini selazimnya harus di koreksi lagi.

“Terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan karena didalam UU Cipta Kerja banyak sekali pasal pasal yang merugikan buruh. FSB GARTEKS KSBSI saat ini terus melakukan gugatan di Mahkamah Konsitusi supaya UU Cipta Kerja dapat di revisi agar dapat menghasilkan UU yang bermartabat untuk rakyat Indonesia khususnya untuk kaum buruh,” tandasnya. (Red/AG)