ID ENG

Sosialisasi K3 Kepada Buruh Diadakan di Sukabumi

Tanggal Publish: 16/11/2019, Oleh: Ajis Pristiadi

Beberapa waktu lalu Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI), hadiri kegiatan Kampanye Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Kegiatan yang digagas oleh IndustriALL Indonesia Council tersebut diselenggarakan di Hotel Anugrah Kota Sukabumi Jawa Barat.

Selain dihadiri utusan FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Sukabumi beserta anggota, juga dihadiri seluruh serikat Afiliasi IndustriALL di Indonesia. Adapun agenda kampanye K3 yang dibahas dalam kegitan tersebut salah satunya terkait dengan "Kampanye Toilet dan Kantin Bersih.

Dalam pemaparannya, Iwan Kusmawan dari  IndustriALL di Indonesia mengatakan toilet dan kantin yang ada di wilayah perusahaan juga bagian dari K3. "Misalkan, kalau toiletnya kotor dan licin lalu si karyawan terjatuh itu masuknya kan kecelkaan juga. Maka dari itu kami kampanyekan," ujar Iwan saat memberikan pencerahaan terkait K3 kepada seluruh serikat dan anggota yang hadir.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS SBSI Kabupaten Sukabumi, Abdul Aziz Pristiadi sangat mendukung kegiatan tersebut. Pasalnya, masih ada beberapa perusahaan yang tidak begitu memperhatikan toilet dan kantin.

"Ada beberapa Perusahaan. Seperti, toiletnya ada, tetapi kotor dan lokasinya sangat kumuh." kata aziz

Yang lebih parahnya lagi sambung Aziz, toilet ada airnya yang tidak ada dan kebersihannya juga kadang tidak diperhatikan sehingga mengeluarkan bau tidak sedap

"Jika mengenai kantin. Juga ada beberapa perusahaan yang karyawannya makan siang di tempat terbuka, itu artinya perusahaan tersebut tidak memiliki kantin," pungkasnya. (Ajies-Kontributor Sukabumi)