ID EN

GARTEKS MENYELENGGARAKAN WOMEN CONFERENCE

Tanggal Publish: 14/08/2018, Oleh: DPP FSB Garteks

Garteks sebagai Serikat Buruh dengan jumlah anggotanya lebih banyak perempuan membuat sebuah terobosan program yaitu Konferensi Perempuan. Kegiatan yang dilaksnakan pada 8-12 Agustus 2018 di Hotel Grand Ussu Puncak Bogor dihadiri lebih kurang 50 peserta yang mewakili 40 perusahaan dari beberapa daerah di Indonesia (Medan, Serang, Tangerang, Bogor, Subang, Bandung, Majalengka, Sukoharjo, Semarang dan Wonogiri) sementara beberapa daerah tidak menghadirkan delegasinya dalam kegiatan tersebut.

Dalam Konferensi tersebut Garteks juga menghadirkan beberapa nara sumber yang erat kaitannya dengan Tema Konferensi : “Peranan Dan Kepemimpinan Perempuan di Serikat Buruh.

Seperti dari :

ILO BWI dan ILO Better Work Global (Daniel Cork), K2N KSBSI, Deputy Bid. Program KSBSI, PNKPA Kemenakertrans, Komnas Perempuan, dan country representative CNV, disamping narasumber dari eksternal tersebut juga dari internal Garteks. Juga menghadirkan MPO Fsb Garteks sekaligus selaku Dewan Pengawas BPJS TK Bp. Rekson Silaban turut meramaikan kegiatan tersebut dengan memberikan nasehat dan motivasi bagi peserta.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti agenda tersebut itu terbukti pada saat diskusi panel hampir semua peserta berebutan ingin bicara hingga moderator jadi kesulitan karena terbentur pembatasan waktu.

Menurut penuturan dari Wakil Ketua Bidang Program Fsb Garteks ibu Elly Rosita Silaban bahwa tujuan dari diselenggarakannya Konferensi ini bukan semata-mata untuk mengumpulkan banyak buruh perempuan disini, tapi agar buruh perempuan paham betul akan hak-hak buruh perempuan di tempat kerja, dilingkungan masyarakat, juga agar peserta lebih memahami akan pentingnya GBV sehingga diharapkan ke depan peserta dapat menjadi ahli GBV agar lebih mudah memberikan pemahaman dan advokasi terkait GBV di lingkungan kerja kerja dan masyarakat.

Disamping tujuan diatas, tujuan diatas pGarteks melaksanakan konferensi perempuan ini adalah untuk mendorong lebih banyak perempuan masuk dalam struktur organisasi dan juga terlibat dalam pengambilan keputusan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri dari pengurus serikat laki-laki sebagai penyeimbang seperti Ketua DPC Garteks Medan (Paraduan Pakpahan), Ketua DPC Garteks Serang (Faizal Rahman), Sekretaris DPC Tangerang (Aris Sokhibi), Ketua DPC Garteks Wonogiri (Wahyu Santoso), Ketua DPC Garteks Kota Bandung (Agus Saefudin), Sekretaris DPC Garteks Bogor (Faisal).

Pada kesempatan lain Ketua Umum Fsb Garteks Bp. Ari Joko. SH menuturkan bahwa kegiatan ini bukan ini saja dilakukan tapi akan dilakukan di tahun tahun mendatang, karena keterlibatan buruh perempuan di struktur Serikat Buruh sangat penting karena secara kodrati mereka adalah pencetak kader yang sangat bagus dan diharapkan ditangan mereka akan muncul kader-kader yang luar biasa di gerakan buruh ke depan.” Tuturnya.

Bravo Garteks!!!