ID ENG

Gandeng Properti Taman Cisoka Indah, GARTEKS KSBSI Tangerang Raya Ciptakan Peluang Usaha

Tanggal Publish: 21/01/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Cara membesarkan organiasi serikat buruh tak bisa hanya mengandalkan iuran dari anggotanya. Namun juga harus kreatif dengan usaha yang mampu menghasilkan uang untuk menjalankan roda organisasi. Salah satunya, aktivis buruh Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS-KSBSI) Kabupaten Tangerang Raya Banten, mulai melirik pengembangan usaha.

Tri Pamungkas Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya mengatakan, awal tahun ini organisasinya memutuskan menciptakan peluang usaha. Melalui kerja sama dengan salah satu properti Perumahan Taman Cisoka Indah. Program ini, diharapkan mampu memberikan peluang kepada anggota dan keluarganya untuk memilih dan menentukan dimana akan mengambil perumahan.

“Baik dalam bentuk program subsidi maupun non subsidi,” ucap Tri, Kamis (21/1/21).

Dijelaskannya, kontrak kerja sama  DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya bersama pihak properti sudah ditandatangani. Artinya, bagi yang ingin memiliki rumah mendapat kemudahan dari calon kreditur. Karena akan dibantu dari pihaknya.

Lanjutnya, dalam waktu dekat ini, serikat buruh yang dipimpinnya juga akan membuat bisnis marketplace atau akrab disebut toko online. Sehingga membuka kesempatan bagi anggotanya yang memiliki usaha online bisa berjualan melalui marketplace yang dibuat oleh Tim ITE GARTEKS KSBSI. Serta mendapatkan nilai tambah diluar dari gaji di perusahaan.

“Sebenarnya masih banyak ide usaha yang ingin kami kembangan pada 2021 ini, namun harus satu persatu dulu yang dikerjakan supaya konsentrasi,” terangnya.

Selain itu, organisasinya juga sudah berhasil menambah jumlah Perjanjian Kerja Bersama ditingkat pabrik. Dan menambah Pengurus Komisariat (PK) perwakilan perusahaan yang selama ini belum ada serikat buruh/pekerjanya.

“Sudah ada 2 perusahaan yang sudah bergabung  dengan FSB GARTEKS Tangerang Raya. Pertama dari perusahaan sektor Garmen yang memproduksi brand terkenal. Kedua  perusahaan produksi sepatu dengan brand ternama juga,” ungkapnya.

Tegasnya, Tri menyampaikan dimasa pandemi Covid-19 serikat buruhnya ingin mencoba membangun terobosan baru. Melalui kemandirian usaha, yang dimana tujuannya untuk meringankan beban dan  kebutuhan organisasi. (AH)