ID ENG

Faizal Rakhman SH, Kader Terbaik Serikat Buruh FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya Siap Bertarung di Pemilu 2024

Tanggal Publish: 14/03/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Dikalangan pergaulan aktivis serikat buruh/pekerja Provinsi Banten, sosok lelaki bernama Faizal Rakhman tentu sudah tak asing lagi dalam sepak terjangnya membela kaum buruh. Saat ini, dia menjabat Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKES KSBSI) Serang Raya. Sekadar tahu, organisasi  buruh yang dipimpinnya, merupakan salah satu basis massa terbesar di Kabupaten Serang.

Pada Pemilu 2024, Faizal telah memutuskan bulat maju bertarung dan merebut wakil rakyat di Kabupaten Serang. Saat ini, ia sedang  sibuk proses seleksi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kabupaten dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) daerah pemilihan (Dapil) 2, wilayah Cikande, Kibin, Kragilan, Kopo, Jawilan.

Saat diwawancarai, Faizal mengatakan sejauh ini proses tahapan Bacaleg di Partai Nasdem sedang berjalan dari tingkat kabupaten sampai provinsi. Dan semuanya masih berjalan lancar, belum ada kendala. Disela kesibukannya sebagai bacaleg dan mengurus serikat buruh dia juga sudah turun ke tengan masyarakat, melakukan sosialisasi visi dan misi politiknya.

“Saya sudah hampir 1 tahun sudah turun ke lapangan melakukan sosialisasi ke anggota dan masyarakat yang ada di Dapil saya,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Selasa (13/3/2023).

Saat ditanya alasan dirinya kenapa memutuskan terjun ke dunia politik, Faizal menjelaskan karena kondisi buruh setiap tahun semakin terdiskriminasikan. Banyak regulasi yang dibuat pemerintah justru membuat kesejahteraan buruh semakin terpuruk. Termasuk, apabila ada buruh menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dan melapor ke pemerintah serta wakil rakyat, tak ada penyelesaian secara cepat. Pihak instansi terkait masalah perburuhan ini juga dinilainya tidak banyak memberikan kontribusi.      

“Melihat nasib buruh yang semakin dilema ini, hati saya semakin marah. Maka, berdasarkan kesadaran politik yang kritis dan pikiran jernih, termasuk dukungan dari kawan-kawan pengurus dan anggota, akhirnya saya memutuskan secara bulat maju bertarung di Pemilu 2024,” ungkapnya.

Kemudian, Faizal menyampaikan, banyak oknum anggota wakil rakyat di Kabupaten Serang yang tidak peka terhadap persoalan rakyat. Seperti masalah kemiskinan, pertanian, lapangan kerja dan pendidikan. Dia mengakui, bahwa dari masa Pemilu ke Pemilu di Kabupaten Serang, perwakilan aktivis buruh sangat minim sekali maju bertarung untuk merebut merebut kursi wakil rakyat.  

“Padahal, Kabupaten Serang ini adalah wilayah industrial dan dinamika pergerakan buruhnya pun sangat dinamis. Tapi sangat disayangkan, selama ini hampir tidak ada keterwakilan aktivis serikat buruh yang duduk di DPRD Kabupaten Serang. Sehingga, aspirasi perjuangan buruh sering diabaikan,”

Sejauh ini, konsolidasi FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya untuk berjuang menghantarkan Faizal duduk di DPRD Kabupaten Serang sudah terkonsoidasi dengan baik. Dirinya bersama pengurus cabang rutin melakukan pertemuan agenda rapat dan sosialisasi dengan Pengurus Komisariat (PK) serta anggota diwilayah Dapil tempat pemilihannya. Dan dia memastikan, semuanya bertekad bulat untuk memenangkan dirinya. Karena ada sekitar 5000 orang anggota yang berdomisili di Dapil tempat pertarungan politiknya.  

“Alhamdulillah, selain mendapat dukungan kuat dari internal, kawan-kawan dari aliansi lintas aktivis serikat buruh/pekerja di Kabupaten Serang juga banyak yang mendukung saya maju bertarung di Pemilu 2024,” ucap Faizal yang telah meraih gelar Sarjana Hukum (SH) pada 2022 di Universitas Bina Bangsa Banten.

Lanjutnya, Faizal menegaskan jika dirinya ditakdirkan terpilih menjadi wakil rakyat di Kabupaten Serang, dia tetap berkomitmen memperjuangkan buruh melalui jalur politik. Sebab, selama ini kalau hanya memperjuangkan hak buruh lewat aksi demo di jalanan, dinilainya kurang maksimal.

“Jadi menurut saya memang harus ada juga keterwakilan aktivis serikat buruh di DPRD Kabupaten Serang, agar bisa mempengaruhi kebijakan soal ketenagakerjaan,” pungkasnya.

Selain itu, jika nantinya terpilih, Faizal juga berkomitmen untuk memperjuangkan regulasi dan kebijakan yang harus memihak pada buruh, khususnya di Kabupaten Serang. Termasuk, apabila dipercaya rakyat menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang, ia ingin dikenal sebagai wakil rakyat yang memihak pda buruh, petani dan rakyat kecil.

“Saya sudah membangun komitmen moral politik, bahwa pintu kerja sebagai wakil rakyat akan 24 jam selalu terbuka, jika ada buruh dan rakyat yang meminta pertolongan. Saya juga minta dukungan doa, seandainya jika terpilih supaya tidak lupa dengan janji politik saya” tegasnya.

Sebelum maju menjadi Bacaleg, Faizal juga dikenal konsisten dalam melakukan kegiatan sosial. Di serikat buruhnya sudah terbentuk ‘Garteks Peduli Serang’ yangs selama ini konsisten membantu korban bencana alam, melakukan penggalangan dana peduli anak yatim piatu dan membuat program rumah layak huni bagi masyarakat yang ekonominya tak mampu.

DATA PRIBADI:

Nama : Faizal Rakhman

Jenis kelamin : Laki-laki

Tempat tanggal lahir : Palembang, 11 November 1981

Agama : Islam

Status : Kawin

Alamat : Griya Ampera Blok.B No.5 RT.001 RW.002 Ds.Citerep Kec.Ciruas Kab.Serang Banten TLP.081296751191 /081911208815

EMAIL:faizrakhman2@gmail.com

Riwayat Pendidikan

  1. SD 493 Palembang 1994 Lulus
  2. SMP YPBI 33 Palembang 1997 Lulus
  3. SMA Bina Cipta Palembang 2001 Lulus
  4. Universitas Bina Bangsa Banten 2022 Lulus.

Pengalaman Kerj dan Pekerjaan Sekarang

  1. PT.Yasunaga Indonesia tahun 2003-2015 Staff PPIC
  2. Anggota Lembaga Kerja Sama Tripartit Kabupaten Serang Periode tahun 2018 S/D Sekarang
  3. KETUA DPC FEDERASI SERIKAT BURUH GARTEKS KSBSI KABUPATEN SERANG TAHUN 2018 S/D Sekarang
  4. Pengalaman Pendidikan Dan Pelatihan
  5. ILO/JILAP Positive TOT Program Occupational Safety and Heath Tanggal 6-9 Juni 2008 , Cisarua Bogor 2. Creativity Training di PT.Yasunaga Corporation Nabari-Japan ,13 Mei – 28 Mei 2014
  6. Training Effetive organizing and wage bargaining skills in MNEs , ITC ILO Singapore , 25 Agts – 28 Agts 2015
  7. Training Social Dialogue , Phnom Penh-Cambodia , 27 Juli-30 Juli 2016
  8. Training Trade Union Networks in MNC’s , Bangkok-Thailand 8-12 Juli 2018
  9. Training Collective bargaining for productivity, Anyer-Banten 21-26 Juni 2021
  10. Pengalaman Organisasi
  11. 1999-2000 : Ketua OSIS SMA Bina Cipta Palembang
  12. 2009-2015 : Ketua Serikat Buruh Federasi Garteks KSBSI PK PT.YASUNAGA INDONESIA
  13. 2011- 2018 : Sekretaris Jederal DPC Federasi Serikat Buruh GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang
  14. 2015-2019 : Ketua Deprtemen Data Base DPP FSB GARTEKS KSBSI
  15. 2018-2022 : Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang
  16. 2018-2022 : Ketua Pembina Organisasi GARTEKS Peduli
  17. 2018 - Sekarang : Anggota LKS TRIPARTIT Kabupaten Serang. (AH)