ID ENG

Dukung Kampanye FOA, Buyer Puma Group Jakarta Berperan Besar Berdirinya PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Gold Emperor Dua Cirebon

Tanggal Publish: 17/07/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) di Kabupaten Cirebon Jawa Barat menyampaikan apresiasi kepada perwakilan Buyer Puma Group perwakilan Jakarta Indonesia. Pasalnya, Puma sangat mendukung perjanjian kebebasan berserikat (Freedom Of Associaton) di lingkungan perusahaan.

Hal ini terbukti, karena Bulan Juni 2023, Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI PT. Gold Emperor Dua sudah berdiri. Perusahaan yang berdiri tahun 2023 ini dikenal memproduksi sepatu Puma berskala internasional dengan memproduksi sepatu, baik pria dan wanita dan anak-anak sebanyak 35 juta pasang. Kabarnya, pihak perusahaan kedepannya akan mempekerjakan buruh sebanyak 10 ribu orang.

Masroni Ketua Departemen Pengorganisiran DPP FSB GARTEKS KSBSI mengatakan, proses berdirinya PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Gold Emperor Dua tidak sulit. Termasuk, pencatatannya bulan sudah diterbitkan di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cirebon. Ia juga menyampaikan, pada saat proses pendirian hingga pencatatan tidak ada kendala.

“Karena, proses pendirian PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Gold Emperor Dua sangat didukung dan difasilitasi melalui Farid Nurjaman Senior Manager Social Sustainability PUMA Group perwakilan Jakarta,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Senin (17/7/2023).

Sebab, kata Masroni, pihak Puma Group Jakarta salah satu buyer selama ini sudah ikut menandatangani kesepakatan FOA bersama perwakilan serikat buruh di sektor TGSL pada 2011. Dimana, FSB GARTEKS KSBSI salah satu serikat buruh yang terlibat sebagai penggagas kesepakatan FOA. Nah, ketika PT. Gold Emperor Dua baru berdiri, pihak buyer dari Puma Group Jakarta pun ikut mengkampanyekan ke perusahaan agar buruh diberikan hak kebebasan berserikat di perusahaan.

“Pada bulan Juli kemarin saya langsung melakukan pengorganisiran buruh di PT. Gold Emperor 2 untuk mendirikan serikat. Lalu saya dibantu pihak DPP FSB GARTEKS KSBSI untuk melakukan koordinasi ke pihak buyer Puma Group Jakarta dan langsung didukung,” ujarnya.

Tak lama kemudian, perwakilan buyer Puma Group Jakarta bersama FSB GARTEKS KSBSI menyambangi manajemen perusahaan untuk mensosialisasikan kebebasan serikat buruh di PT. Gold Emperor Dua. Dan akhirnya, pihak perusahaan menerima kehadiran serikat buruh, tanpa ada dihalang-halangi. Termasuk menjamin tidak ada ancaman pemberangusan serikat buruh.

“Sekarang ini PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Gold Emperor Dua sudah memiliki kepengurusan. Ketuanya Dikri Priyatno, Sekretaris Tria Nandini, Wakil Sekretaris Cicih Astuti, Bendahara Ambar Wati, Wakil Bendahara Ade Rina,” ungkapnya.

Nah, untuk jumah anggota,Masroni mengatakan saat ini jumlahnya sudah ada 50 orang. Intinya, dia bersama pengurus komisariat di perusahaan tersebut berkomitmen membesarkan FSB GARTEKS KSBSI di PT. Gold Emperor Dua. Dan pertemuan rapat konsolidasi sekarang ini sudah rutin dilakukan setiap minggu di rumah pengurus serta anggota.

“Kedepannya kami berniat membangun hubungan sosial dialog yang baik dengan manajemen perusahaan. Supaya hubungan industrial antara perwakilan pengusaha dan serikat terjalin harmonis. Dan kedepannya kami akan membuat program pendidikan dan pelatihan kepada anggota dan mengundang perwakilan perusahaan serta buyer Puma Group Jakarta,” tandasnya. (AH)