ID ENG

DPP FSB GARTEKS Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Ahmad Munir dan Achmad

Tanggal Publish: 07/06/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat  Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS KSBSI) mengapresiasi atas diselenggarakannya Konferensi Cabang (Konfercab) Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS Kota Bandung Jawa Barat. Acara tersebut diadakan di Kota Bandung, pada Minggu (6/6/21).

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada pengurus demisioner DPC FSB GARTEKS yang telah bekerja keras menjalankan agenda Konfercab ke III dan berjalan sukses sesuai amanah organisasi,” ucapnya, dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/21).

Mewakili pengurus pusat, Ary juga mengucapkan selamat kepada Ahmad Munir dan Achmad yang terpilih menjadi Ketua Cabang dan Sekretaris DPC FSB GARTEKS Kota Bandung Periode 2021-2025. Dia berharap, selama 4 tahun memimpin organisasi ini  bisa membawa perubahan yang lebih baik. Serta menjalankan sistem pengkaderan yang bisa melahirkan regenerasi kepemimpinan.

Kata Ary, di era pesatnya teknologi industri 4.0 dan apalagi paska disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, membuat tantangan serikat buruh semakin berat. Sebab ada beberapa pasal dari undang-undang itu yang dinilainya sangat merugikan hak-hak buruh di dunia kerja. Kemudian, minat buruh untuk bergabung ke serikat buruh pun semakin menurun tiap tahun.

“Sementara kasus pemberangusan serikat buruh/pekerja di tingkat perusahaan masih marak terjadi,” jelasnya.

Untuk menjawab tantangan yang sulit itu, dia menyarankan FSB GARTEKS harus membesarkan organisasi serta memperkuat solidaritas. Tak lupa, dia mengingatkan agenda dialog sosial pun harus tetap dijalankan, agar posisi tawar serikat buruh bisa diperhitungkan. Baik dihadapan pemerintah dan pengusaha. 

Dia juga berpesan, pengurus yang terpilih bisa mengkampanyekan setiap aksi, kampanye organisasi dan berbagai kegiatan DPC FSB GARTEKS Kota Bandung lewat media sosial (Medsos). Sebab, di era digital sekarang ini, peran publikasi sangat berperan penting untuk mempengaruhi publik.    

“Harapan besar dari DPP FSB GARTEKS kepada pengurus yang terpilih dapat memberikan manfaat dan perubahan yang positif baik dari sisi kemandirian maupun jumlah anggota,” jelasnya.

Terakhir, dia berharap kepemimpinan Ahmad Munir dan Achmad bisa membawa DPC FSB GARTEKS Kota Bandung menjadi serikat buruh yang mandiri, independen dan tetap berpihak pada kepentingan buruh,” tutupnya.

“Semoga pola pengkaderan nantinya bisa berjalan baik dan keterlibatan buruh perempuan dalam kepemimpinan harus ikut ditingkatkan,” tutupnya. (AH)