ID ENG

DPP FSB GARTEKS KSBSI Intruksikan 10 Agustus Terlibat Aksi Nasional

Tanggal Publish: 01/08/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Dewan Eksekutif Nasional (DEN) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) telah mengirimkan surat resmi dengan nomor AB.046/int/DEN KSBSI/VII/2022, pada 28 Juli 2022. Dimana dalam surat tersebut menyampaikan perihal seruan Aksi Nasional pada 10 Agustus 2022 yang ditujukan ke seluruh Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh (DPP FSB) afiliasi KSBSI.

Menyikapi seruan tersebut, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan dan Kulit Sentra Industri Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) menegaskan siap mendukung. Surat resmi pun telah diterbitkan dengan Nomor: AB.0156/DPP FSB GARTEKS /INT/VII/2022, tanggal 29 Juli 2022. Dimana surat ini ditujukan kepada seluruh Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS serta afiliasi federasi FSB GARTEKS se-nasional.

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum dan Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS dalam surat tersebut menegaskan mengintruksikan kepada seluruh pengurus, baik di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Komisariat untuk melakukan perlawanan dalam bentuk ‘Aksi Secara Nasional’.

“Aksi yang dilakukan dengan dengan cara bersatu dengan elemen buruh lain untuk melakukan aksi unjuk rasa nasional diwilayah masing-masing pada 10 Agustus 2022. Dan harus menaati peraturan hukum, termasuk mengikuti protokol kesehatan,” ucap Ary Joko.

Adapun tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi nasional ini adalah sesuai intruksi DEN KSBSI, diantaranya:

  1. Mendesak DPR R.I untuk mengeluarkan klaster ketenagakerjaan dari UU Cipta Kerja.
  2. Mendesak Presiden R.I untuk menerbitkan Perppu penangguhan keberlakuan klaster ketenagakerjaan dari Undang Undang (UU) Cipta Kerja dan memberlakukan UU No. 13 Tahun 2003 secara utuh.

Dengan terbitnya surat resmi tersebut, DPP FSB GARTEKS juga menyerukan ke seluruh  pengurus DPC, Pengurus Komisariat (PK) serta afiliasi federasi untuk segera melakukan agenda konsolidasi internal. Termasuk membangun aliansi lintas serikat buruh untuk mempersiapkan aksi nasional 10 Agustus 2022. (AH)