ID ENG

DPP FSB GARTEKS KSBSI Gelar Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Buruh Perempuan

Tanggal Publish: 01/08/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan buruh perempuan, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan dan Kulit Sentra Industri -Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) melakukan pendidikan kader. Agenda pelatihan mengangkat tema ‘Keterwakilan Buruh Perempuan di Struktur Organisasi’, diadakan pada 28 dan 29 Juli 2022 di Puncak Bogor Jawa Barat.

Yumana Sagala sebagai ketua panitia pelatihan mengatakan bahwa pelatihan yang diadakan ini tujuannya adalah, pertama, bagaimana seorang buruh perempuan hadir di organisasi buruh bisa ikut terlibat mengkampanyekan ha-hak perempuan di dunia kerja. Kedua, untuk menciptaan dan menjalin komunikasi kepengurusan buruh perempuan terhadap pimpinan organisasi, mulai dari tingkat Pengurus Komisariat (PK), Dewan Pengurus Cabang (DPC) sampai DPP.

Sehingga akhirnya komunikasi bisa terjalin dengan baik dan anggota bisa mengetahui berbagai program yang sedang dijalankan oleh DPP. “Dan yang ketiga, mengatur strategi tentang bagaimana menciptakan kader-kader buruh perempuan supaya bisa memiliki semangat militan untuk membesarkan organisasi, termasuk melakuan perekrutan anggota baru,” ucap Yumana, saat diwawancarai melalui seluler, Senin (1/8/2022).

Yumana menyampaikan selama 2 hari pelatihan, respon dan semangat peserta sangat baik selama mengikuti materi pendidikan yang disampaikan oleh narasumber. Dia berharap, hasil dari pelatihan tersebut, setiap peserta tidak lagi hanya sebagai  pelengkap di serikat buruh.

“Tapi harus mampu memberikan kontribusi dan mengambil peran untuk menciptakan organisasi menjadi lebih baik. Serta terlibat untuk mengambil keputusan agar keberlangsungan serikat buruh bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sekadar tahu, pemberi materi pelatihan adalah Darlina Lumbantoruan koordinator BBTK, Tri Pamungkas Ketua Konsolidasi DPP FSB GARTEKS KSBSI, Tiurma Hutagaol Departemen Perempuan DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang Banten, Erni Herningsih K2F FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Intinya, Yumana menerangkan target dari pelatihan tersebut adalah untuk menciptakan kader buruh perempuan FSB GARTEKS KSBSI yang cerdas, jujur, militan dan amanah menjalankan roda organisasi. Dan kedepannya semakin banyak lagi yang duduk di struktur kepengurusan di tingkat PK, DPC sampai DPP.      

Untuk target jangka pendek, dia akan  mengupayakan kembali melakukan pendidikan kader, khusus bagi buruh perempuan seperti yang baru dilakukan. Untuk jangka panjang, akan membuat agenda konferensi perempuan tingkat nasional yang difasilitasi DPP FSB GARTEKS KSBSI.

“Kami juga akan melakukan konsolidasi nasional untuk semua pengurus buruh perempuan dari tingkat nasional sampai daerah. Salah satu tujuannya adalah untuk melahirkan kader yang kreatif dalam wirausaha,” ucap Yumana yang juga menjabat Departemen Perempuan DPP FSB GARTEKS KSBSI. (AH)