ID ENG

DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya Targetkan Keterwakilan Kepemimpinan Perempuan

Tanggal Publish: 01/03/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Yumana Sagala Departemen Perempuan DPP Federasi Serikat Buruh Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS-KSBSI) mendorong buruh perempuan berperan aktif di serikat buruh. Dia menilai masih banyak buruh perempuan tidak percaya diri tampil menjadi pemimpin dalam memperjuangkan kesetaraan gender.

“Kalau kita melihat sektor industri garmen, mayoritas pekerjanya itu perempuan. Jadi sudah waktunya Srikandi GARTEKS KSBSI Tangerang Raya ikut berperan membela hak buruh. Perempuan tidak boleh duduk diam dan menonton saja, tapi harus ikut memilkul beban,” ucapnya, saat acara Konferensi Cabang DPC FSB GARTEKS Tangerang Raya, di V Hotel Bandung, beberapa waktu lalu,  

Yumana juga meminta pengurus DPC FSB GARTEKS KSBSI yang terpilih periode 2021-2015 bisa membuat pelatihan kesetaraan gender dan pendidikan untuk memperkuat kwalitas kepemimpinan perempuan. Dukungan dari semua pihak memang sangat dibutuhkan. Sebab, kalau tidak ada dukungan, target DPC FSB GARTEKS KSBSI untuk 30 persen kepemimpinan perempuan akan tidak tercapai.

“Bagi perwakilan buruh perempuan FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya yang dipercaya menjabat Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Komite Kesetaraan Cabang (K2C), harus bisa menjalankan amanahnya. Penuh komitmen dan bekerja penuh semangat gotong royong,” kata Yumana.

Yumana juga menyampaikan tidak perlu takut dan ragu saat perempuan ikut mengambil peran di serikat buruh. Menurutnya, ketika perempuan ikut berkontribusi, maka karakter kepemimpinannya akan terbentuk, menjadi cerdas, berani dan militan. Termasuk perempuan juga harus mampu menjelaskan tentang kesetaraan gender. Baik kepada suami, keluarganya serta lingkungan kerjanya.       

“Saya sangat berharap kedepannya akan lahir perempuan-perempuan tangguh dari FSB GARTEKS KSBSI yang bisa menjadi pemimpin dan memberikan solusi ketika ada persoalan,” tutupnya.    

Tri Pamungkas Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya yang baru terpilih menjelaskan salah satu prioritas program yang akan dijalankan kedepannya adalah meningkatkan jumlah kepemimpinan perempuan. Dan agenda ini, kata Tri akan dimulai dari tingkat pengurus komisariat (PK). Dia menjelaskan melahirkan kepemimpinan perempuan di FSB GARTEKS KSBSI merupakan keharusan, sesuai AD/ART organisasi.

“Program pendidikan dan pelatihannya pasti kami rancang nanti. Dan saya sangat berharap, srikandi-srikandi FSB GARTEKS KSBSI Tangerang Raya nanti haris berani tampil dan ikut berperan membesarkan organisasi,” tutupnya. (AH)