ID ENG

DPC FSB GARTEKS KSBSI Serang Kembali Melaksanakan Program Bakti Sosial ‘Bedah Rumah’

Tanggal Publish: 22/06/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Aktivis Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) dikenal tak hanya sebagai serikat buruh yang konsisten memperjuangkan hak buruh. Namun, dibalik sering melakukan aksi demo, keluarga besar FSB GARTEKS Kabupaten Serang rutin melakukan progam bakti sosial ditengah masyarakat. Salah satunya program ‘Bedah Rumah’ kepada masyarakat tak mampu.     

Faizal Rakhman Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang Banten mengatakan, bulan ini organisasinya sedang menjalankan program “GARTEKS Peduli’ dengan melakukan bedah rumah. Agenda ini merupakan kegiatan bakti sosial yang sudah 2 kali dilaksanakan. Pertama kegiatan bedah rumah dilakukan pada 2019 lalu dan berjalan sukses.

“Nah kegiatan bakti sosial yang kedua ini dilaksanakan di Kampung Baluk, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Selasa (22/6/21).

Kata Faizal dana yang kegiatan tersebut didapat dari hasil dari bantuan kas keuangan DPC dan Pengurus Komisariat (PK). Ada juga bantuan sukarela dari pengurus, anggota, lalu perusahan melalui pengajuan proposal dan mitra yang selama ini sudah terbangun.

“Setelah dilakukan estimasi anggaran, seluruh dana yang dibutuhkan untuk bedah rumah ini sebesar Rp. 38 juta,” ungkapnya.

Lanjutnya, dia mengatakan dana yang dibutuhkan untuk keseluruhannya memang belum terkumpul. Pada awal melaksanakan program, uang yang dipegang masih sekitar Rp.6 juta untuk membuat pondasi rumah serta kebutuhan lainnya. Namun setelah dilaksanakan, akhirnya bantuan dari sukarelawan yang mendukung kegiatan GARTEKS Peduli.

“Alhamdulillah, pada hari kedua kegiatan kembali mendapat bantuan dari donatur dan komunitas pegiat sosial, seperti kusen, jendela, pasir serta semen. Kami berterima kasih kepada mereka yang ikut mendukung kegiatan. Saat ini dana yang sudah habis untuk pembangunan sudah menghabiskan uang sebesar Rp.12 juta. Dan saya optimis program ini berjalan sukses,” terangnya.

Faizal juga menerangkan bahwa program bantuan bedah rumah ini memang diberikan kepada keluarga tidak mampu. Sebelum dilakukan, pihaknya telah melakukan survei ditengah masyarakat. Akhirnya ditemukan satu keluarga, suami-istri dan 3 anak dan kondisinya rumahnya tidak layak untuk tempat tinggal serta tidak ada penerangan listrik.

Kemudian sudah 5 tahun tidak memiliki identitas domisili ditempat mereka tinggal. Bahkan kondisi ekonominya pun memprihatinkan. “Akhirnya sebelum melakukan bedah rumah, administrasi kependudukan satu keluarga ini kami urus,” jelasnya.  

Intinya, kegiatan bakti sosial tersebut adalah panggilan nurani aktivis serikat buruh kepada orang yang tidak mampu. DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang tak mau dikenal masyarakat hanya sebagai serikat yang melakukan aksi demo dan advokasi kepada anggotanya.

“Keluarga besar FSB GARTEKS Kabupaten Serang rutin melakukan bakti sosial. Setiap ada bencana alam diwilayah Banten, semua pengurus dan anggota langsung bergerak cepat melakukan penggalangan dana, mengumpulkan pakaian, makanan dan obat-obatan untuk diberikan kepada korban yang membutuhkan,” pungkasnya.

Dia berharap, program tersebut bisa bisa terus dijalankan untuk kedepannya dan semua pengurus serta anggota tetap kompak selama menjalankan kegiatan bakti sosial. Rencananya, kalau mendapatkan rezeki, Faizal mengatakan GARTEKS Peduli akan dijadikan bentuk yayasan yang memiliki badan hukum.

“Jadi kalau nanti bisa dibentuk yayasan, semua dana bantuan dari donatur dari pemerintah, swasta dan mitra founding bisa dikelola secara transparan, supaya bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya. (AH)