ID ENG

DPC FSB GARTEKS Bogor Gelar Pelatihan Struktur Skala Upah dan Buka Puasa Bersama

Tanggal Publish: 25/04/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (DPC FSB GARTEKS) Kabupaten Bogor Jawa Barat pada Minggu (25/4/21) melakukan pelatihan ‘Struktur Skala Upah’ dan buka puasa bersama. Pelatihan tersebut diprioritaskan untuk pengurus dan anggota untuk menambah pengetahuan tentang isu ketenagakerjaan.

Faisal Sekretaris DPC FSB GARTEKS yang juga sebagai nara sumber mengatakan pelatihan Struktur Skala Upah ini sebagai pembekalan pengurus cabang dan komisariat dalam memahami tentang hak upah. Dan pelatihan sangat penting diadakan, karena kebijakan Upah Minimum Kabupaten (UMK) justru tidak sesuai harapan bagi buruh. Apalagi peraturannya sering berubah-ubah.

“Padahal, jika mengacu pada keputusan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.1 Tahun 2017 Tentang Struktur Skala Upah, kan sudah ditegaskan bahwa semua perusahaan wajib menjalankan peraturannya,” jelasnya.

Namun sayangnya, peraturan tersebut terkesan diabaikan oleh pengusaha. Bahkan, di Kabupaten Bogor, Faisal mengatakan pada umumnya belum realisasikan oleh perusahaan. Jadi, dengan digelarnya pelatihan ini, ia berharap pengurus komisariat dan anggota bisa memahaminya.

“Kalau nanti semua pengurus dan anggota sudah memahami dan pentingnya struktur skala upah di perusahaan, kami akan berjuang ke tiap perusahaan perwakilan pengurus komisariat untuk menuntut diterapkannya struktur skala upah,” jelasnya.

Masalah struktur skala upah juga pernah disampaikan ke Suku Dinas Ketenagakerjaan (Sudinaker) Kabupaten Bogor supaya bisa bertindak tegas, apabila ada perusahaan tidak menjalankannya. Tapi sayangnya, dia melihat belum ada tindakan kongkrit melakukan pertemuan serius membahasnya. Selesai pelatihan, peserta yang mengikuti pelatihan juga dilanjutkan acara buka puasa bersama.

“Acara buka puasa ini sebagai ajang silaturahhim bagi pengurus cabang, komisariat dan anggota. Nah untuk kegiatan santunan kepada anak yatim piatu, rencananya akan dilaksanakan pada peringatan 1 Mei bulan depan atau May Day, memperingati hari buruh internasional,” imbuhnya.

Dia berharap kepada seluruh pengurus DPC FSB GARTEKS KSBSI, komisariat dan anggota agar terus memperjuangkan kemampuan intelektualnya dalam dunia perburuhan. Serta terus menguatkan konsolidasi untuk menambah jumlah anggota dan Pengurus Komisariat (PK) di tiap perusahaan kabupaten Bogor. (AH)