ID ENG

Dipenghujung Akhir Bulan, Aktivis Aliansi SPSB Kabupaten Serang Rayakan May Day 2022

Tanggal Publish: 31/05/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Dipenghujung akhir bulan ini Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh (SPSB) Kabupaten Serang Banten mengadakan perayaan  May Day Tahun 2022. Sekaligus mengadakan halal bihalal Idul Fitri 1443. Acara hari buruh internasional pada 2022 ini mengangkat tema ‘Meraih Kemenangan Denagn Mengutamakan Silaturahmi Menuju Industrial Peace’. Dan dihadiri ratusan tamu undangan dari birokrasi pemerintah, utusan pengusaha serta aktivis serikat pekerja/serikat buruh.

Faizal Rakhman Ketua Dewan Pengurus Cabang Federasi Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC) FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang mengatakan perayaan May Day 2022 ini berjalan baik dan sangat berkesan. Pasalnya, Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah, Kapolres Kabupaten Serang, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) serta tamu undangan lainnya.

“Mewakili Aliansi SPSB Kabupaten Serang saya menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran tamu undangan yang datang hari ini. Ada beberapa rangkaian acara yang kami laksanakan hari ini. Seperti menggelar dialog dunia perburuhan di Kabupaten Serang dan festival Band untuk generasi muda,” ucap Faizal saat diwawancarai melalui seluler, Selasa (31/5/2022).

Faizal menerangkan inti kegiatan perayaan May Day tahun ini adalah untuk meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintah kabupaten, pengusaha, TNI/Polri dan serikat pekerja/serikat buruh. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 semakin menurun, sehingga dia berharap sinergitas yang sudah dibangun selama ini semakin harmonis.

“Tadi Ibu Bupati Ratu Tatu Chasanah dalam kata sambutannya juga mengatakan ingin sekali membangun hubungan komunikasi dengan kawan-kawan Aliansi SPSB semakin dekat. Sehingga kedepannya jika ada masalah perselisihan hubungan industrial di dunia kerja semakin cepat diselesaikan melalui dialog,” ungkapnya.

Mengingat pandemi semakin memulih, dia berharap Bupati Kabupaten Serang, pengusaha dan serikat pekerja/serikat buruh dapat berkumpul dan berdialog dalam waktu dekat ini. Dimana nantinya  bisa mendorong lapangan kerja terbuka lebar, merumuskan kesejahteraan dan upah layak pada buruh. Dan mendesak agar perusahaan di Kabupaten Serang bisa menjalankan norma-norma ketenagakerjaan sesuai peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Sekadar tahu, acara kegiatan yang dilakukan Aliansi SPSB dalam memperingati May Day ini sudah rutin dilakukan tiap tahunnya. Namun karena 2 tahun Indonesia ikut terkena pandemi, maka kegiatan perayaan hari buruh internasional secara tatap muka ditiadakan.

“Nah tahun ini pemerintah sudah memberi kelonggaran aktivitas sosial, jadi kami membuat acara May Day 2022 secara terbuka,” tutupnya. (AH)