ID ENG

Diberi Pembekalan, Ini Pesan DPP GARTEKS dan Sekjen KSBSI Untuk Kader Wilayah Karawang dan Bekasi

Tanggal Publish: 22/10/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Bertempat di Kantor Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Cipinang Muara Jakarta Timur, Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen Tekstil Kulit dan Sentra Industri (DPP FSB GARTEKS) memberikan materi ilmu seputar serikat buruh untuk Pengurus Komisariat (PK) dan anggotanya. Pengkaderan ini khusus kepada PK yang ada di Kabupaten Karawang dan Bekasi Jawa Barat.

DPP FSB GARTEKS sedang fokus dengan kedua wilayah tersebut dalam rangka pengembangan organisasi. Termasuk, Karawang dan Bekasi merupakan penyangga Ibukota Jakarta dan dikenal sebagai kota industri. Oleh sebab itulah, memberikan pelatihan dan pertemuan konsolidasi saat ini rutin dilakukan untuk menguatkan ikatan emosional sesama pengurus dan anggota.

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum DPP FSB GARTEKS mengatakan agar semua kader FSB GARTEKS yang diamanatkan menjadi pengurus tingkat perusahaan untuk tetap bertanggung jawab menjalankan roda organisasi. Serta harus bisa mendengarkan saran dan kritik dari anggotanya.

“Tanggung jawab pemimpin itu sangat berat, harus mampu memberikan contoh yang baik dan melindungi semua anggotanya dan tidak boleh arogan,” ucap Ary Joko, Kamis kemarin (21/10/2021),           

Dia berharap, semua kader FSB GARTEKS yang ada di Bekasi dan Karawang untuk tidak berpuas diri. Tapi terus belajar ilmu dunia perburuhan. Dimana nantinya untuk bekal menjadi pemimpin serikat berkwalitas yang memihak buruh. Serta tetap fokus melakukan pengorganisiran buruh. Kemudian, di lingkungan perusahaan, setiap PK supaya tetap mengedepankan sosial dialog dengan perwakilan perusahaan.

“Kalau ada tuntutan buruh di perusahaan, terkait soal upah layak, alangkah baiknya kawan-kawan mengajak dulu pihak perusahaan untuk berdialog. Demo itu hanya pilihan terakhir saja ketika upaya komunikasi tidak ada solusi,” tegasnya.  

Tri Pamungkas Ketua Konsolidasi DPP FSB GARTEKS menyampaikan minat buruh bergabung di FSB GARTEKS semakin tinggi di Karawang dan Bekasi. Hal ini terlihat, secara perlahan jumlah PK dan anggota tingkat perusahaan bertambah. Dan rencananya, akhir tahun ini dia menargetkan akan membentuk Dewan Pengurus Cabang (DPC) di Karawang, kemudian Bekasi segera menyusul.       

Dia meminta semua pengurus dan anggota di Karawang dan Bekasi semakin meningkatkan militansinya mengembangkan organisasi. Kalau FSB GARTEKS besar maka posisi tawar kawan-kawan sangat kuat ditingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“DPP FSB GARTEKS akan tetap berkomitmen melibatkan segala kegiatan pengkaderan kepada kader dan anggota yang ada di Karawang dan Bekasi, sampai kalian mandiri dan profesional menjalankan organisasi,” tandasnya.

Dalam kesempatan agenda pengkaderan itu, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal KSBSI juga diminta untuk memberikan arahan dan motivasi. Dia menyampaikan semua pengurus dan anggota FSB GARTEKS di Karawang dan Bekasi tetap solid dalam memperjuangkan kesejahteraan buruh.

“Sebab kalian adalah garda terdepan yang membela hak buruh di lingkungan perusahaan. Jadi kawan-kawan harus tetap militan. Serta tidak boleh berhenti belajar untuk meningkatkan kemampuan pemimpin serikat buruh, dengan banyak diskusi dan membaca,” tegasnya.

Terakhir, dia menyampaikan agar aktivis buruh juga harus memahami setiap regulasi dan undang-undang ketenagakerjaan dan mampu beradaptasi di era industri 4.0. Sebab, tantangan serikat buruh setiap tahun semakin berat.

“Kalau kita tidak mampu beradaptasi, serikat buruh akan tergilas zaman. Saya berharap kader-kader FSB GARTEKS tetap memiliki semangat, pantang pernah putus asa dan tidak takut gagal saat berjuang,” tandasnya. (AH)