ID ENG

Desak Kenaikan UMK 2023 Sebesar 13 Persen, Buruh Bakal Kepung Kantor Bupati Kabupaten Serang

Tanggal Publish: 20/09/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Massa lintas serikat buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Serang Banten dipastikan bakal kembali unjuk rasa. Rencananya, mereka bakal melakukan aksi demo pada Rabu (21/9/2022) di Kantor Bupati Serang. Dengan melakukan long march dan mengerahkan ribuan buruh untuk menyuarakan aspirasinya.

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang mengatakan konsolidasi dari setiap perwakilan aliansi serikat buruh/serikat pekerja sudah terkoordinasi dengan baik. Ada 3 isu buruh yang akan diperjuangkan saat aksi demo nanti. Diantaranya:

  1. Tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
  2. Tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja.
  3. Naikan Upah Minimum Kabupaten/Kota tahun 2023 sebesar 13 persen.

Terkait soal tuntutan kenaikan UMK, Faizal menjelaskan bahwa buruh akan berjuang habis-habisan, agar upah buruh tahun depan naik sebesar 13 persen. Karena, pada 2022, kebijakan upah buruh di Kabupaten Serang sama sekali tidak mengalami kenaikan. Ditambah lagi, saat ini pemerintah telah membuat kebijakan kenaikan harga BBM. Sehingga membuat kondisi ekonomi buruh lebih terpuruk dan tingkat daya beli semakin menurun ditengah masyarakat.

“Kebijakan Presiden Joko Widodo menaikan harga BBM itu jelas merugikan buruh. Apalagi, program Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diberikan pemerintah kepada buruh terkesan diskriminasi. Hanya diberikan buruh yang upahnya dibawah Rp. 3,5 juta. Sementara masih banyak lagi buruh diluar itu yang sedang kesulitan ekonomi,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Selasa (20/9/2022).

Lanjutnya, Faizal mengatakan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Serang akan mengerakan 2000 massa buruh. Dan kemungkinan besar, aksi ini akan terus berlanjut sampai bulan Desember 2022. Terutama, mendesak DPRD dan Bupati Kabupaten Serang agar bisa mendengarkan aspirasi buruh untuk kenaikan UMK sebesar 13 persen.

“Aksi buruh besok dimulai pagi hari, ribuan buruh akan melakukan long march mengepung Kantor Bupati Kabupaten Serang,” tutupnya. (AH)