ID ENG

Dampak Covid-19, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Bogor Berikan Bantuan Sembako

Tanggal Publish: 23/04/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, DPC Federasi Serikat Buruh Garmen, Tekstil, Kerajinan Kulit dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) Kabupaten Bogor Jawa Barat menggelar aksi sosial dengan memberikan bantuan sembako. Bantuan paket sembako tersebut tahun ini memang khusus diberikan bagi anggotanya yang dirumahkan dan masa kontrak kerjanya diputus sementara akibat imbas pendemi Covid-19.

Wadiyo, Ketua DPC Federasi Serikat Buruh Garmen, Tekstil, Kerajinan Kulit dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) Kabupaten Bogor mengatakan bantuan sembako ini hasil dari solidaritas dari seluruh anggota dan pengurus sebagai wajud kepedulian. Berdasarkan data akibat pendemi Covid-19, kurang lebih 60 orang anggota untuk sementara ini tidak bekerja.

“Status mereka sekarang diberhentikan sementara dari 4 perusahaan akibat dampak Covid-19. Jadi kami sebagai pengurus harus ikut memperhatikan nasib mereka,” ujarnya saat diwawancarai lewat seluler, Kamis 23 April 2020.

Untuk saat ini belum ada pengurus dan anggotanya yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh pihak perusahaan. Untuk anggota yang dirumahkan dan status kontrak kerja yang diputus, Wadiyo mengatakan pihaknya sudah melakukan advokasi ke perusahaan.

“Pihak manajemen menyampaikan bagi anggota yang dirumahkan tetap mendapat jaminan dipekerjakan kembali setelah wabah Covid-19 selesai. Bagi buruh yang masa kerja kontraknya habis tahun ini akan tetap mendapat pertimbangan dipekerjakan kembali jika sudah kembali normal,” pungkasnya.

Selain itu dia berharap agar semua pengurus dan anggota FSB GARTEKS tetap berdoa, agar wabah Covid-19 segera berakhir. Sehingga segala pekerjaan buruh di perusahaan kembali normal. Sebab akibat virus yang belum ditemukan obatnya ini sangat membuat dunia tenaga kerja terpuruk.

“Untuk saat ini kami hanya bisa membantu anggota kami yang terkena dampak Covid-19 sebisa mungkin dengan memberikan paket sembako. Tapi kami berharap bisa memberikan perhatian khusus kepada buruh yang sekarang ini kehilangan pekerjaan dengan memberikan lapangan kerja dan usaha kecil,” tutupnya. (AH)