ID ENG

CNV, DECP, KSBSI dan APINDO Lakukan Mou Agenda Sosial Dialog

Tanggal Publish: 11/03/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Serikat Buruh Belanda (CNV International) bersama Asosiasi Pengusaha Belanda (DECP) memfasilitasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) untuk melanjutkan program sosial dialogh tahun ini.

Agenda penandatanganan kesepakatan program sosial dialog ini diadakan di Hotel Shangrila Jakarta dengan melakukan kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU). Salah satu program yang akan dijalankan dengan mengadakan Training of Trainers (TOT) Dialog Sosial yang diadakan dari 9 sampai 11 Maret 2020. Tujuan pelatihan ini merupakan pembekalan kepada pengurus serikat buruh KSBSI untuk melakukan dalam proses Bipartit antara pekerja dan manajemen perusahaan.

Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI mengatakan agenda sosial dialog sangat dibutuhkan aktivis buruh. Sebab salah satu bekal ilmu kunci jembatan komunikasi yang ampuh dalam penyelesaian masalah hubungan industrial.  

Ia juga menyinggung tentang omnibus law ketenagakerjaan yang sedang ditolak serikat buruh sekarang ini. Sebab, kata Elly dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja ada  9 pasal yang bisa berubah dan sangat merugikan buruh.

 ‘Diantaranya terkait pasal tentang upah, pesangon yang menurun, sistem kontrak yang makin luas dan isu perubahan iklim,” ujarnya (10/2).

Intinya agenda pelatihan dilaksanakan secara interaktif antara trainers dari DECP dan CNV dengan peserta dengan didasarkan pada situasi Indonesia saat ini. Nantinya, para peserta pelatihan sosial dialog dapat berdiskusi dan menganalisa berbagai isu-isu ketenagakerjaan. Langkah selanjutnya KSBSI APINDO, DECP dan CNV International sepakat membuat MoU kelanjutan program kerjasama dialog sosial. (AH)