ID ENG

Buruh APBGATI Turun ke Jalan, Suarakan ‘Pay Your Workers’

Tanggal Publish: 27/11/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Puluhan buruh yang bergabung dalam  Aliansi Pekerja/Buruh Garmen, Alas Kaki dan Tekstil Indonesia APBGATI melakukan aksi demo, di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/20). Aksi ini dilakukan pada pukul 11.00 WIB. Mereka menyuarakan tema ‘Pay Your Workers’ dan mendesak pemerintah memperhatikan nasib buruh selama pandemi Covid-19.

Sebab, dampak wabah Corona yang telah melanda dunia itu, telah menyebabkan krisis ekonomi global. Salah satunya, negara Indonesia pun ikut terdampak. Sehingga, banyak perusahaan melakukan efisiensi keuangan. Akhirnya, buruh pun banyak menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan merumahkan buruh.

Data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, jumlah sudah mencapai 9,77 juta orang. Atau tepatnya naik menjadi 2,67 juta orang. Sebagian dari pengangguran tahun ini adalah buruh yang telah kehilangan pekerjaan, sejak bulan Maret 2020, Indonesia dinyatakan ikut terdampak pandemi Covid-19.

Ironisnya, ketika sebagian besar buruh yang kehilangan pekerjaan tersebut banyak hak-hak mereka tidak dibayar oleh perusahaan ketika di PHK. Termasuk soal pesangon. Karena itu, buruh yang tergabung dalam APBGATI menuntut pengusaha segera membayar upah buruh ditengah pandemi Covid-19.

Demo dilakukan Federasi Serikat Buruh Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS-KSBSI), Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia atau SBSI 92. Untuk diwilayah Bandung juga digelar aksi yang sama, dilakukan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Tekstil Sandang Kulit Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (TSK KSPSI) dan Tekstil Sandang Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (TSK SPSI). (AH)