ID ENG

Buka Agend RAKERNAS, Wamenaker Afriansyah Noor Ingin Bersinergi Dengan KSBSSI

Tanggal Publish: 12/07/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Afriansyah Noor Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) resmi membuka agenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Konfderasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Golden Boutique Hotel Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022). Kedatangannya langsung disambut Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal KSBSI beserta jajaran pengurus KSBSI. Dan tema Kongres KSBSI tahun ini mengangkat tema ‘Kontrak Sosial Baru Memastikan Perlindungan Sosial dan Transisi Yang Adil’.

Dalam kata sambutannya, Afriansyah Noor mengatakan dirinya sangat senang bisa hadir dalam agenda RAKERNAS KSBSI Tahun 2022. Dia menyampaikan baru 1 bulan dilantik menjadi Wamenaker. Setelah dilantik di Istana Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkannya untuk rutin berdialog serta membangun relasi dengan serikat buruh.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada KSBSI yang telah mengundang acara pembukaan RAKERNAS KSBSI tahun 2022. Dan saya mengucapkan selamat kepada Elly Rosita Silaban Presiden KSSBSI yang terpilih sebagai chair (ketua) Presidensi Labour 20,”ucapnya.

Selain itu, Wamenaker berharap 3 hari agenda RAKERNAS yang digelar tersebut, bisa melahirkan gagasan. Serta keputusan ketenagkerjaan bermanfaat untuk buruh di Indonesia. Termasuk kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia telah mulai menurun. Namun pemerintah berharap agar semua masyarakat masih tetap waspada.

“Saya juga mendapat pesan dari ibu Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) supaya lebih intens berdialog dengan KSBSI dalam agenda sosial dialog. Supaya kedepannya bisa menciptakan hubungan industril yang lebih harmonis,” terangnya.

Berhubung kondisi pandemi semakin menurun Afriansyah Noor meminta Kemnaker dan KSBSI semakin bersinergi. Saling bergotong royong untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan program pemulihan ekonomi Indonesia.

“Saya berkomitmen untuk membuka pintu kalau kawan-kawan pengurus KSBSI ingin mengajak diskusi untuk melahirkan gagasan tenaga kerja yang terampil di era industri 4.0,” ucapnya.

Setelah Wamenaker memberikan kata sambutan, dia pun diminta untuk membuka agenda resmi RAKERNAS KSBSI. Dan didampingi Indah Anggoro Putri Dirjen PHI Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Hariyadi B. Sukamdani Ketua Umum APINDO, Adi Mahfudz Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan KADIN, Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal (Sekjen) KSBSI, Rekson Silaban MPO KSBSI, Stijn Sintubin Koordinator ACV/ICC wilayah Asia, Irham  Ali Saifuddin perwakilan ILO Jakarta dan Timor Leste.

RAKERNAS selama 3 hari ini sudah menjadi kewajiban yang diadakan setiap tahun oleh KSBSI. Markus Sidauruk Ketua Panitia dan Deputi Presiden KSBSI dalam laporan tanggung jawabnya mengatakan tujuan RAKERNAS untuk mengevaluasi organisasi dan merancang program KSBSI untuk kedepannya.

RAKERNAS KSBSI dihadiri Koordinator Wilayah (Korwil) KSBSI dari berbagai daerah, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh yang berafiliasi dengan KSBSI. Dan tamu undangan yang hadir daam RAKERNAS tersebut diantaranya, Hariyadi B. Sukamdani Ketua Umum APINDO, Adi Mahfudz Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan KADIN, Bismo Koordinator WSM wilayah Asia, Rekson Silaban Majelis Penasihat Organisasi (MPO) KSBSI, Stijn Sintubin Koordinator ACV/ICC wilayah Asia, Irham  Ali Saifuddin perwakilan ILO Jakarta dan Timor Leste. (AH)