ID EN

Bertandang ke PT Indonesia Wacoal dan PT Ricky Putra Globalindo, DPP FSB GARTEKS KSBSI-BBTK-SETCA Belgia Disambut Hangat

Tanggal Publish: 11/01/2019, Oleh: DPP FSB Garteks

Membuka agenda kerja awal tahun 2019, beberapa waktu lalu DPP FSGB GARTEKS KSBSI bersama BBTK-SETCA Belgia bertandang ke PT Indonesia Wacoal dan PT Ricky Putra Globalindo, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Agenda kunjungan itu juga didampingi pengurus DPC dan Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Bogor.

Trisnur Priyanto, Sekjen DPP FSB GARTEKS KSBSI, ketika diwawancarai menjelaskan, kunjungan yang dilakukan kedua perusahaan, menunjukan serikat buruh bukan lagi momok menakutkan dimata pengusaha dan pemerintah. Sebab, fungsi kehadiran serikat buruh tak semata hanya membela kepentingan buruh dalam aksi demo. Tapi juga harus bisa menjadi mitra yang bisa memberikan solusi persoalan ketenagakerjaan, ketika terjadi perselisihan industrial dalam ruang dialog.

“Ketika DPP FSGB GARTEKS KSBSI bersama BBTK-SETCA Belgia mengunjungi kedua perusahaan, kami langsung disambut baik tanpa memandang curiga. Bahkan, Suryadi, pemilik PT Indonesia Wacoal langsung menyambut kami dengan hangat. Beliau juga langsung mengajak kami melihat suasana kerja buruh dalam perusahaan,” ucap Trisnur, ketika diwawancarai, di Kantor KSBSI, Cipinang Muara, Jakarta Timur, 10 Januari 2019.

Lanjutnya, Trisnur menyampaikan ketika mereka berdialog dengan pihak perusahaan ada beberapa poin yang dibahas. Seperti pembahasan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), penerapan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dalam perusahaan dan kampanye Gender Bassed Violence (GBV) atau perusahaan bebas dari diskriminasi dan kekerasan seksual terhadap buruh perempuan.

“Dari semua hasil pemaparan diskusi yang kami sampaikan, kedua perusahaan merespon positif dan berkomitmen untuk mensejahterakan buruhnya dalam perusahaan,” jelasnya.

Begitu juga dengan BBTK-SETCA Belgia yang selama ini menjadi mitra FSB GARTEKS juga sangat senang ketika diajak bertandang dan berdialog dengan pihak perusahaan. BBTK-SETCa Belgia dalam dialog itu mengatakan, kunjungan tahun ini ke Indonesia sangat terkesan, karena ruang dialog dengan pihak perusahaan berjalan harmonis. Artinya, gerakan serikat buruh, khususnya FSB GARTEKS KSBSI sudah terbilang maju dalam menjalan agenda dialog sosial yang selama ini dijalankan.

Intinya, Trisnur mengatakan FSB GARTEKS KSBSI tidak akan pernah berpuas diri dengan kerja-kerja organisasi yang sudah dicapai selama ini, termasuk bisa duduk semeja dengan pihak perusahaan untuk memajukan kesejahteraan hak buruh. Kedepannya, FSB GARTEKS KSBSI akan terus mengembangkan organisasinya sampai ke berbagai daerah dan mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) dari semua pengurus sampai anggota. (AH)