ID ENG

Bersama ACT, FSB GARTEKS Serang Menggalang Aksi Solidaritas Kemanusiaan

Tanggal Publish: 03/05/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) tak mau diam melihat situasi akibat dampak covid-19 yang terjadi hari ini. Sebagai garda serikat buruh yang ikut peka terhadap kemanusiaan, kedua lembaga ini pun bergerak membantu masyarakat yang tak mampu. Dengan melakukan aksi solidaritas kemanusiaan.

Ahmad Fauzi, Sekretaris Cabang  DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang mengatakan aksi solidaritas kemanusiaan bulan Mei ini bekerja sama dengan ACT. Dijelaskannya, aksi tersebut dilaksanakan selama dua hari dan di dua lokasi.  

“Hari pertama kegiatan Jumat (01/05/) kami gelar di lapangan Jempling Kecamatan Cikande. Hari kedua Sabtu (02/05/), diadakan di Kawasan Industri Modern Cikande Kabupaten Serang,” ucapnya.

Lebih rinci, Ahmad menerangkan aksi solidaritas kemanusiaan ini memang sekaligus merayakan hari buruh se-dunia atau dikenal ‘May Day’ dan bertepatan pada Bulan Ramadhan. Nah, berhubung saat ini terjadi pandemi Covid-19, segala bentuk aksi demo buruh ditiadakan dalam perayaan May Day.

 “Perayaan May Day kali ini FSB GARTEKS Kabupaten Serang memilih aksi bakti sosial untuk membantu masyarakat dan buruh yang terkena imbas imbas Covid-19,” ungkapnya.

Dalam aksi bakti sosial ini DPC FSB GARTEKS Serang bersama ACT membagikan paket nasi  1000 kotak untuk buka puasa, masker 500 pcs dan hand sanitizer 200 botol. Selama dua hari kegiatan, dia menuturkan seluruh peserta aksi tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk memuluskan agenda kami menurunkan anggota sebanyak 50 orang. Alhamdullilah seluruh acara berjalan dengan baik dan pada hari kedua kegiatan ini langsung dikawal oleh Kapolres Kabupaten Serang,” ucapnya.

Selain itu, Ahmad menyampaikan pihaknya sudah memiliki program ‘GARTEKS Peduli Covid-19’ yang diputuskan dari pengurus pusat. Program ini berfungsi mengadvokasi buruh yang terkena PHK dan dirumahkan imbas dari Covid-19. “Termasuk aksi bakti sosial juga bagian dari program tersebut,” tutupnya. (AH)